Kesehatan

Pemerintah Kota Medan Segera Terapkan Vaksinasi untuk Ibu Hamil



Pemerintah Kota Medan Segera Terapkan Vaksinasi untuk Ibu Hamil
BERITASUMUT.COM/ILUSTRASI

Beritasumut.com - Para ibu hamil di Kota Medan bakal segera mendapatkan vaksinasi Covid-19. Hal ini menyusul pencanangan yang bakal dilakukan Pemerintah Kota Medan pada September 2021 mendatang.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Medan, Mardohar Tambunan menyebutkan bahwa Ibu hamil yang akan divaksinasi itu dengan kriteria usia kehamilan pada minggu ke-14 sampai minggu ke-33. Namun dia mengakui, saat ini untuk mengajak bumil melakukan vaksin masih sangat sulit, padahal menurutnya sangat penting. "Memang sulit sekali meminta ibu hamil itu supaya mau disuntik. Karena hamil, mereka jadi pada takut. Padahal keamanannya sudah dipikirkan dari jauh-jauh hari dan matang-matang," ungkapnya kepada wartawan, Senin (30/08/2021).

Dia menjelaskan, mengapa vaksinasi harus dilakukan pada minggu ke 14 ke atas, karena embrionya dianggap sudah matang. Sehingga kalau pun terjadi KIPI (kajadian ikutan pasca imunisasi) tidak berdampak pada kondisi janin. "Tapi ibu hamil ini ada beberapa kriterianya, ada yang resiko tinggi, normal, dan prematur. Jadi (untuk vaksin) kita utamakan yang normal saja dulu dan kita punya datanya itu," jelasnya.

Baca Juga : Berisiko Tinggi Alami Gejala Berat, Kemenkes Izinkan Pemberian Vaksinasi COVID-19 Pada Ibu Hamil

Saat ini, tambah Mardohar, pihaknya sedang menghitung jumlah bumil dengan kelahiran normal yang akan disuntik vaksin dari faskes yang ada di Kota Medan. Dia menambahkan, adapun jenis vaksin yang akan diberikan adalah Sinovac. "Ibu hamil harus divaksin karena masuk dalam kelompok resiko rentan terpapar Covid-19, sehingga berbahaya bagi keselamatan bayi dan ibu," tandasnya.


Tag: