Kesehatan

Meski Sudah Diresmikan, Alkes ICU Covid-19 di RSUD dr Pirngadi Medan Belum Lengkap



Meski Sudah Diresmikan, Alkes ICU Covid-19 di RSUD dr Pirngadi Medan Belum Lengkap
BERITASUMUT.COM/IST

Beritasumut.com - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Pirngadi Medan saat ini telah mulai mengoperasikan gedung ICU Covid-19 yang mereka bangun. Peresmian itu dilakukan melalui penandatanganan prasasti dan pengguntingan pita yang dilakukan Walikota Medan Bobby Nasution bersama Direktur RSUD dr Pirngadi, pada Jumat (03/09/2021) lalu.

Kendati begitu, meski telah diresmikan, namun alat kesehatan di ICU Covid-19 rumah sakit tersebut sampai saat ini masih belum lengkap. Kepala Bidang Pelayanan Medis RSUD dr Pirngadi Medan dr Risma mengatakan, alat-alat itu seperti monitor ICU untuk memonitor keadaan fisiologis pasien dan RO water system untuk pendukung alat cuci darah.

"Kendalanya ada alat yang belum masuk atau masih dalam perjalanan. Seperti monitor baru lima yang terpasang dari 20 unit yang dibutuhkan sesuai jumlah tempat tidur," ungkapnya kepada wartawan, Selasa (07/09/2021). Menurutnya, keberadaan monitor di ICU Covid-19 itu sangat penting, karena berfungsi untuk memantau kondisi pasien kritis yang masuk. Monitor-monitor tersebut, sambung dia, merupakan bantuan yang diterima dari Kemenkes.

Baca Juga : Wali Kota Resmikan Ruangan ICU Khusus Covid-19 di RSUD dr Pirngadi Medan

Lebih lanjut dia mengatakan, saat ini memang sudah ada dua pasien yang mendapatkan perawatan. Satu merupakan rujukan dari Tebingtinggi, namun meninggal dunia begitu masuk karena kondisinya kritis dan satunya lagi masih dalam perawatan intensif. "Untuk tenaga kesehatan di ICU Covid-19 itu merupakan tenaga profesional sehingga tidak canggung lagi menggunakan alat-alat medis di ICU Covid-19 tersebut," pungkasnya.


Tag: