Kesehatan

Komnas KIPI Bantah Isu Meninggal Usai Vaksinasi COVID-19



Komnas KIPI Bantah Isu Meninggal Usai Vaksinasi COVID-19
BERITASUMUT.COM/ILUSTRASI

Beritasumut.com - Ketua Komisi Nasional Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (Komnas KIPI) Prof Hindra Irawan Satari menegaskan bahwa sampai saat ini tidak ada yang meninggal karena vaksinasi COVID-19. Hal ini perlu dijelaskan kembali mengingat banyaknya berita yang simpang siur mengaitkan beberapa kasus kematian akibat Vaksin Covid-19.

Menurut Komnas KIPI, dilansir dari Kemkes.go.id, Sabtu (22/05/2021) ada 27 kasus kematian diduga akibat vaksinasi dengan Sinovac. Namun setelah diinvestigasi, kematian tersebut tidak terkait dengan vaksinasi.

Dari kasus tersebut, 10 kasus akibat terinfeksi Covid-19, lalu 14 orang karena penyakit jantung dan pembuluh darah, 1 orang karena gangguan fungsi ginjal secara mendadak dan 2 orang karena diabetes melitus dan hipertensi tidak terkontrol. "Kenapa kami bisa membuat diagnosis itu? Karena datanya lengkap. Diperiksa, dirawat dirontgen, diperiksa lab, di CT-scan, dapat diagnosisnya," jelas Prof Hindra.

Baca Juga : Tiba di Sumut, Brimob Polda Sumut Kawal Distribusi 8.000 Vial Vaksin Sinovac

Sementara yang meninggal diduga akibat vaksinasi dengan AztraZeneca ada 3. Namun juga tidak diakibatkan oleh vaksinasi tapi lebih karena penyakit lain. "Komnas KIPI adalah lembaga yang kredibel dan independen yang memiliki fungsi dalam mengawasi pelaksanaan vaksinasi khusus untuk kejadian ikutan pasca imunisasi," tandasnya. (BS09)


Tag: