Ekonomi

Sekdaprov Sumut Tinjau Pembibitan Kelapa Genjah Pandan Wangi, Sabrina Nilai Sangat Layak Dikembangkan di Sumut



Sekdaprov Sumut Tinjau Pembibitan Kelapa Genjah Pandan Wangi, Sabrina Nilai Sangat Layak Dikembangkan di Sumut
BERITASUMUT.COM/BS03

Beritasumut.com - Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Sumatera Utara (Sumut) R Sabrina mengatakan bahwa Kelapa Genjah Pandan Wangi sangat potensial untuk dikembangkan di daerah ini. Selain memiliki produktivitas tinggi, juga sangat diminati masyarakat. Hal tersebut disampaikan Sabrina saat meninjau sekaligus mempelajari budidaya Kelapa Genjah Pandan Wangi, di Desa Pantai Cermin Kanan, Kecamatan Pantai Cermin, Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai), Rabu (26/05/2021).

Tanaman kelapa pandan wangi rata-rata memiliki umur produktif hingga 15 tahun. Akan mulai berbuah pada umur 2-3 tahun, sejak penanaman bibit. Bibit kelapa pandan wangi dapat tumbuh dan berbuah dengan optimal di dataran rendah hingga ketinggian 450 mdpl, sehingga layak dikembangkan di Sumut," ujar Sabrina.

Bersama dengan Kepala Dinas Perkebunan Sumut Lies Handayani Siregar, Plt Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Sumut Bahruddin Siregar dan Direktur Rumah Sakit Haji Medan Rehulina Ginting, Sabrina mengelilingi lahan pembibitan Kelapa Pandan Wangi dengan luas sekitar 15 hektare tersebut.

Baca Juga : Sekdaprov Sumut Sabrina Ikut Panen Buah Kelengkeng di Desa Liang Muda Deli Serdang

Dalam perjalanan, rombongan sesekali berhenti dan menikmati kesegaran air kepala muda langsung dari pohonnya. "Katanya air kelapanya manis dan wangi, coba dulu potongkan satu, biar saya coba, benar atau tidak," ucap Sabrina, sambil menunjuk buah kelapa yang hendak dipotong.


Tag: