Ekonomi

Akselerasi Pengembangan Industri Halal, Kemenperin Gelar IHIA 2021



Akselerasi Pengembangan Industri Halal, Kemenperin Gelar IHIA 2021
BERITASUMUT.COM/IST

Beritasumut.com - Gelaran Indonesia Halal Industry Award (IHIA) tahun 2021 telah resmi digulirkan pada 22 September 2021 lalu melalui seremoni virtual oleh Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita. Melalui penganugerahan penghargaan tersebut, Kemenperin memberikan apresiasi kepada para pihak yang berperan aktif dalam pengembangan dan pemberdayaan industri halal di tanah air.

IHIA merupakan ajang penghargaan industri halal yang pertama yang diberikan di Indonesia dan direncanakan oleh Kementerian Perindustrian (Kemenperin) sebagai agenda tahunan. Dalam sambutannya pada Kick Off IHIA 2021, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita mengharapkan kegiatan tersebut dapat memotivasi pengembangan dan pemberdayaan industri halal di Indonesia, serta mendorong semua pihak untuk semakin berperan dalam pembangunan industri halal.

Sekretaris Jenderal Kemenperin Dody Widodo menjelaskan, IHIA 2021 meliputi tujuh kategori penghargaan. Pertama, Best Halal Innovation yang diberikan kepada berbagai pihak yang melakukan inovasi di bidang halal, baik secara individu, kelompok, lembaga, maupun perusahaan industri. “Terutama inovasi untuk menghasilkan subtitusi bahan baku atau bahan penolong yang bersifat syubhat atau haram,” jelas Sekjen Kemneperin.

Baca Juga : Miliki Potensi Besar, Wapres Optimistis Indonesia Jadi Pemain Utama Keuangan Syariah

Kedua, Best Social Impact Initiative yang diberikan kepada kelompok da perusahaan yang berperan besar dalam pengembangan Industri Halal, baik pada zona lokal, daerah, maupun nasional dengan mengalokasikan secara khusus penggunaan dana Corporate Social Responsibility (CSR)


Tag: