Ekonomi

Sekolah Ekspor Program Kemenag Dukung Penguatan Ekspor Produk Halal



Sekolah Ekspor Program Kemenag Dukung Penguatan Ekspor Produk Halal
BERITASUMUT.COM/IST

Beritasumut.com - Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kementerian Agama mendukung upaya penguatan produk halal nasional yang dilakukan melalui program Sekolah Ekspor. Dukungan ini disampaikan oleh Pelaksana Tugas (Plt) Kepala BPJPH Kemenag, Mastuki, saat menjadi keynote speaker Webinar Khusus Studi Independen bertema "Menjadi Eksportir Baru 4.0 Produk Halal dan Rempah".

"Penguatan produk halal nasional adalah komitmen kita bersama. Bapak Wakil Presiden telah mendorong seluruh pemangku kepentingan industri untuk dapat memanfaatkan potensi pasar halal Indonesia dengan meningkatkan ekspor produk halal. Targetnya, pada 2024 Indonesia menjadi produsen produk halal terbesar di dunia," urai Mastuki dilansir dari Kemenag.go.id, Senin (02/08/2021).

Sejalan dengan komitmen dan target nasional tersebut, Mastuki menilai upaya penguatan ekspor produk halal nasional melalui program Sekolah Ekspor merupakan langkah baik dan perlu didukung. Mastuki juga memastikan pihaknya selalu siap bersinergi dengan berbagai pihak dalam upaya penguatan ekspor produk halal, termasuk melalui akselerasi sertifikasi halal yang menjadi syarat ekspor produk ke berbagai negara.

Baca Juga : Pemerintah Segera Luncurkan Program Sertifikasi Halal Gratis bagi Pelaku Usaha Mikro dan Kecil

"Selama ini BPJPH juga berkoordinasi dengan banyak perguruan tinggi, sebab mereka memiliki posisi peran strategis dalam pengembangan ekosistem halal. Di antaranya, peran melalui pusat kajian halal, riset di bidang halal, Lembaga Pemeriksa Halal, institusionalisasi kajian halal melalui pembukaan prodi halal, pembentukan Lembaga Sertifikasi Profesi, hingga pelatihan SDM halal seperti manajer halal, penyelia halal, auditor halal, pendamping halal, pengawas halal, juru sembelih halal, chef halal, bahkan eksportir halal, dan sebagainya," terang mantan juru bicara Kemenag itu.


Tag: