Peristiwa

Perayaan Waisak di Medan Berjalan Aman dan Kondusif



Perayaan Waisak di Medan Berjalan Aman dan Kondusif
BERITASUMUT.COM/BS04

Beritasumut.com-Dengan menerapkan protokol kesehatan (prokes) yang ketat, umat Budha di Kota Medan merayakan Hari Tri Suci Waisak 2565 dengan hikmat.Sembahyang leluhur pun dapat dilakukan dengan aman dan kondusif.

Di Vihara Borobudur di Jalan Imam Bonjol Medan, Rabu (26/5/2021), di tahun-tahun sebelumnya biasanya ramai dikunjungi umat Budha saat perayaan Waisak, namun pada hati ini terlihat sepi. Ini dikarenakan banyak umat Budha merayakan Waisak dari rumah.

Penjaga keamanan Vihara Borobudur Jalan Imam Bonjol Waris Pranoto kepada wartawan mengaku, sembahyang di Vihara Borobudur tetap menjalankan prokes, agar sembahyang dilakukannya berjalan lancar. "Semua umat Budha yang sembahyang leluhurnya menerapkan prokes dengan ketat.Kalau ada yang mau sembahyang juga dibatasi dan tidak boleh berkerumun guna memutuskan mata rantai penyebaran Covid-19 di Medan," ujarnya.

Baca Juga : Pemerintah Dorong Candi Borobudur Jadi Ikon Wisata Keagamaan Dunia

Hal sama juga terlihat di Vihara Setia Budi Jalan Irian Barat Medan, umat Buddha yang melakukan sembahyang sepi. Kebanyakan sembahyang di dalam rumah saja. "Umat Budha lebih nyaman sembahyang di rumah," ucap Yanto salah satu umat Budha yang melakukan sembahyang di Vihara Setia Budi Medan.

Dirinya melakukan sembahyang di Vihara Setia Budi juga memanjatkan doa untuk kebaikan umat di Indonesia. Sehingga perekonomian Indonesia yang suram ini bisa bangkit. "Saya harapkan perekonomian Indonesia bangkit dan lancar untuk meningkatkan kesejahteraan umat manusia yang ada di Indonesia," pungkasnya.(BS04)


Tag: