Pendidikan

SLI Luncurkan Program Literasi di Cikulur



SLI Luncurkan Program Literasi di Cikulur
beritasumut.com/ist

beritasumut.com - Lembaga Pengembangan Insani Dompet Dhuafa (LPI DD) melaksanakan Peluncuran Program Sekolah Literasi Indonesia (SLI) di Kecamatan Cikulur, Kabupaten Lebak, Kamis (30/09/2021).

Acara tersebut dilaksanakan di SD Negeri 3 Sukadaya, dihadiri 41 peserta dari perwakilan sepuluh sekolah/madrasah, koordinator SLI, ketua PGRI, serta pengawas SD dan MI Kecamatan Cikulur.

Dalam sambutannya, Pengawas SD Cikulur, Sahroni, S.Pd., menyampaikan bahwa program SLI diharapkan dapat membantu mengoptimalkan kegiatan literasi yang dilakukan di sekolah, sehingga literasi bukan hanya wacana tetapi bisa terimplementasi dengan baik.

Sementara itu, Pengawas MI Cikulur, Rois SAg, menyampaikan rasa terima kasihnya karena Cikulur terpilih menjadi wilayah sasaran SLI. Ia mengatakan, kehadiran SLI mampu mendorong warga sekolah/madrasah menumbuhkan minat baca dalam meningkatkan mutu pendidikan.

Andi Ahmadi, Koordinator Program SLI, menjelaskan, SLI berupaya menyinergikan antara literasi sekolah, keluarga, dan masyarakat. "Semoga nanti kami bisa mewujudkan kampung literasi, yang di dalamnya terdapat keluarga literat, warga sekolah literat, dan masyarakat literat," ungkapnya.

Peluncuran Program SLI dilakukan secara simbolis dengan penandatanganan Surat Perjanjian Kerja Sama (SPK) antara LPI DD dan kepala sekolah/madrasah serta disaksikan pengawas SD dan pengawas MI.

Adapun sekolah/madrasah yang menjadi dampingan SLI antara lain SDN 1 Sukadaya, SDN 3 Sukadaya, SDN 1 Parage, SDN 2 Sukaharja, SDN 1 CIGOONG, SDN 1 Cigoong Utara, SDN 1 Muaradua, SDN 3 Curugpanjang, MI Darussalam dan MI Nurul Falah.

Nantinya, sekolah dan madrasah tersebut akan mendapatkan pelatihan dan pendampingan oleh Kawan SLI yang ditempatkan di Cikulur selama satu tahun. Sebagai awalan, perwakilan sekolah yang hadir diajak mengikuti pelatihan Program Literasi Terpadu . Agar kelak bisa menyusun program literasi yang bisa diimplementasikan dan disinergikan antara sekolah/madrasah, orang tua murid, dan masyarakat dengan pendampingan dari Kawan SLI.(rel)


Tag: