Kesehatan

Dinkes Tingkatkan Kewaspadaan Cegah Omicron Masuki Kota Medan



Dinkes Tingkatkan Kewaspadaan Cegah Omicron Masuki Kota Medan
BERITASUMUT.COM/IST

Beritasumut.com - Wali Kota Medan, Bobby Nasution telah mewanti-wanti jajarannya agar mewaspadai penyebaran covid-19 varian Omicron menyebar ke Kota Medan, oleh sebab itu Bobby Nasution memerintahkan OPD terkait agar bekerja keras guna mencegah varian Omicron tersebut menyebar di Kota Medan baik itu yang berasal dari transmisi lokal maupun dari pelaku perjalanan luar negeri yang masuk ke Kota Medan. "Karena itu Dinas Kesehatan harus bisa bekerja keras, dan memiliki reaksi cepat mencegah virus ini masuk ke Kota Medan," ucap Bobby beberapa waktu lalu.

Menanggapi perintah Wali Kota Medan tersebut, Kepala Dinas Kesehatan Kota Medan, Taufik Ririansyah saat ditemui diruang kerjanya menjelaskan sudah menyiapkan berbagai langkah guna mencegah varian Omicron masuk ke Kota Medan. Dirinya menyebutkan jajaran Dinas Kesehatan Kota Medan telah meningkatkan kewaspadaan dengan melakukan tracing cepat apabila ditemukan kasus covid-19.

"Meskipun kita belum bisa memeriksa apakah itu varian Omicron atau tidak, namun begitu kita tahu dia positif. Langsung kita periksa siapa yang kontak erat dengan pasien, kita tidak ingin kecolongan, dan selama menunggukan hasil pemeriksaan nya selesai, pasien dan orang-orang terdekat yang di tracing dengan pasien wajib menjalani isolasi, ini upaya yang kita lakukan saat ini," kata Taufik Ririansyah.

Baca Juga : Masuk ke Bandara Kualanamu, WN Irlandia Utara Positif Covid-19, Dinkes Sebut Belum Terkonfirmasi Omicron

Di samping itu, lanjutnya lagi, Dinkes juga telah menyiapkan tempat isolasi terpusat (isoter) apabila sewaktu-waktu dibutuhkan. "Kita siapkan semuanya termasuk isoter saat ini sudah kita siagakan, jangan sampai 1x24 jam pasien yang positif tidak di isolasi, nanti malah akan semakin banyak yang harus kita tracing, kita ingin meminimalisir penyebaran dengan melakukan tracing secara cepat, jadi respon time kita harus cepat," jelasnya.


Tag: