Ekonomi

Wakil Presiden Buka Rakornas Badan Wakaf Indonesia, KH Ma’ruf Amin: Manfaatkan Teknologi dan Platform Digital



Wakil Presiden Buka Rakornas Badan Wakaf Indonesia, KH Ma’ruf Amin: Manfaatkan Teknologi dan Platform Digital
BERITASUMUT.COM/IST

Beritasumut.com - Inovasi teknologi telah mendorong fenomena digitalisasi di berbagai bidang, termasuk dalam perwakafan. Untuk itu, sebagai upaya mempercepat transformasi wakaf produktif, pengelolaan wakaf harus memanfaatkan teknologi dan platform digital.

“Pemanfaatan teknologi dan platform digital dalam pengelolaan wakaf juga harus didorong mulai dari tahap pengumpulan sampai pelaporan pemanfaatan wakaf,” tegas Wakil Presiden (Wapres) KH Ma’ruf Amin dalam Pembukaan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Badan Wakaf Indonesia (BWI) melalui konferensi video di Kediaman Resmi Wapres, Jalan Diponegoro No.2, Jakarta, Selasa (30/03/2021).

Dalam Rakornas yang mengangkat tema “Era Baru Perwakafan Nasional Melalui Transformasi Digital” tersebut, lebih jauh Wapres menjelaskan, penggunaan platform digital dapat mempermudah para wakif (pihak yang mewakafkan harta benda miliknya) untuk berwakaf.

Baca Juga : Presiden Jokowi Luncurkan Gerakan Nasional Wakaf Uang dan Resmikan Brand Ekonomi Syariah

“Dalam melakukan pengumpulan wakaf, misalnya, terdapat beberapa platform digital yang dapat digunakan, antara lain melalui sistem Quick Response Code (QR Code), platform pembayaran digital atau e-wallet seperti LinkAja Syariah, OVO, dan lainnya serta proses auto debit rekening perbankan, baik melalui e-banking maupun mobile banking,” terang Wapres dilansir dari Kominfo.go.id, Selasa (30/03/2021).

Selain itu, lanjut Wapres, digitalisasi juga dapat digunakan dalam memutakhirkan database nazhir (pihak yang menerima harta benda dari wakif untuk dikelola dan dikembangkan sesuai peruntukkannya).


Tag: