Ekonomi

Ketua Dekranasda Sumut Nawal Lubis Dorong Pelaku UMKM Kerajinan Terjun ke Dunia Digital



Ketua Dekranasda Sumut Nawal Lubis Dorong Pelaku UMKM Kerajinan Terjun ke Dunia Digital
BERITASUMUT.COM/IST

Beritasumut.com - Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Sumatera Utara (Sumut) Nawal Lubis mendorong pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) agar terjun ke dunia digital untuk mempromosikan produknya. Terutama pelaku UMKM di bidang kerajinan tradisional, sehingga dapat membuka pasar yang lebih luas lagi bahkan mendunia.

Bukan hanya pasar, masyarakat di luar Sumut juga akan dapat mengenal hasil kerajinan tradisional daerah ini, apabila para pengrajin memasarkan produknya. Sumut memiliki beragam hasil kerajinan tradisional mulai dari wastra atau kain tradisional hingga ukiran kayu.

Hal tersebut disampaikan Nawal Lubis saat pembukaan kegiatan Sinergi Kegiatan Kementerian Koperasi dan UKM dengan Bidang Manajemen Usaha Dekranas di Desa Meat, Kabupaten Toba, Selasa (05/10/2021). “Pelaku UMKM khususnya bidang kerajinan, perlu mempromosikan produknya di digital, mengingat perkembangan teknologi sudah kian pesat,” kata Nawal.

Baca Juga : Nawal Ajak Pembatik Desa Pematang Johar Terus Berinovasi, Potensi Jadi Produk Unggulan Daerah

Untuk itu, Nawal menyambut baik kegiatan yang didakan oleh Kementerian Koperasi dan UKM bersama dengan Dekranas pusat dan daerah tersebut. Adapun kegiatan yang dilaksanakan antara lain pelatihan e-commerce bagi usaha mikro di sektor pariwisata dan rumahan, pelatihan marketing mix, pelatihan peningkatan kapasitas pengelolaan organsisasi dan usaha koperasi, bimbingan teknis peningkatan kewirausahaan, webinar membangkitkan inovasi wastra tenun, serta temu mitra.

“Kegiatan ini punya arti yang sangat besar, dalam rangka pemulihan ekonomi nasional di Sumut, juga meningkatkan kualitas pelaku UMKM dan produktivitas usaha masyarakat di kawasan Toba dan sekitarnya,” ujar Nawal.


Tag: