Ekonomi

Kemenperin Dukung Industri Produk Sawit Nasional Berdaya Saing di Pasar Eropa



Kemenperin Dukung Industri Produk Sawit Nasional Berdaya Saing di Pasar Eropa
BERITASUMUT.COM/IST

Beritasumut.com-Tekad Kementerian Perindustrian untuk mempertahankan komitmen yang telah disepakati dalam kerangka kerjasama Indonesia-European Free Trade Association Comprehensive Economic Partnership (IE-CEPA), akhirnya sejalan dengan hasil referendum Swiss yang telah dilaksanakan pada 7 Maret 2021 lalu. Sebanyak 51,6% penduduk Swiss sepakat untuk mendukung IE-CEPA.

Direktur Jenderal Ketahanan, Perwilayahan dan Akses Industri Internasional (KPAII) Kemenperin, Eko SA Cahyanto menjelaskan, skema perjanjian perdagangan komprehensif IE-CEPA dinilai berpeluang untuk lebih meningkatkan akses pasar bagi produk industri Indonesia, termasuk produk sawit dan turunannya. “Kami berpandangan bahwa IE-CEPA secara keseluruhan telah concluded pembahasannya oleh para pihak (Indonesia dan EFTA),” ujarnya dilansir dari Kemenperin.go.id, Rabu (10/03/2021).

Dia menyebut, pada dasarnya Swiss tidak perlu khawatir terkait isu keberlangsungan produk sawit Indonesia dan turunannya. Mengingat telah diterapkannya Indonesian Sustainable Palm Oil (ISPO) sebagaimana diatur dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 44 Tahun 2020 tentang Sistem Sertifikasi Perkebunan Kelapa Sawit Berkelanjutan Indonesia.


Tag: