Ekonomi

CEO Krakatau International Port Optimis Industri Baja Nasional Dapat Terus Berjaya



CEO Krakatau International Port Optimis Industri Baja Nasional Dapat Terus Berjaya
BERITASUMUT.COM/IST

Beritasumut.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan pengoperasian pabrik pengolahan hot strip mill (HSM) 2 milik PT Krakatau Steel (Persero) Tbk di Cilegon, Banten, Selasa (21/09/2021). Pabrik yang dibangun pada 2016, menelan investasi Rp 7,5 triliun dan diharapkan akan dapat memenuhi kebutuhan baja untuk pembangunan infrastruktur dan industri otomotif di Tanah Air.

Pabrik HSM 2 tersebut diprediksi mampu memproduksi hot rolled coil (HRC) sebanyak 1,5 juta ton per tahun. Secara bertahap kapasitas produksi pabrik ini kedepannya akan meningkat menjadi 4 juta ton HRC per tahun.

CEO Krakatau International Port (KIP), Akbar Djohan turut bangga dengan pendirian pabrik HSM 2 tersebut. Dengan adanya pabrik tersebut dapat mendorong industri baja nasional lebih maju lagi, mengingat pada semester I tahun 2021 ini sektor tersebut telah memberikan kontribusi yang lebih besar daripada tahun-tahun sebelumnya. Bahkan, Krakatau Steel yang merupakan produsen baja terbesar di Indonesia saja telah meraup keuntungan hingga 60% dan terbesar dibandingkan semester-semester sebelumnya.

Baca Juga : Resmikan Pabrik Baja Berteknologi Terbaru, Presiden Minta Krakatau Steel Penuhi Kebutuhan dalam Negeri

“Seringkali kita mendengar di pemberitaan kalau PT. Krakatau Steel mengalami kerugian. Kehadiran pabrik HSM 2 ini dapat menjadi kunci yang tepat bagi Krakatau Steel sendiri untuk membuktikan kepada masyarakat Indonesia bahwa komoditi baja di Indonesia telah bangkit,” ujar Akbar dalam acara peresmian pengoperasian pabrik pengolahan hot strip mill (HSM) 2 milik PT Krakatau Steel pada Rabu (22/09/2021).


Tag: