Wisata

Pariwisata di Samosir Serius dan Tunduk dengan Aturan Protokol Kesehatan


Pariwisata di Samosir Serius dan Tunduk dengan Aturan Protokol Kesehatan
BERITASUMUT.COM/BS12

Beritasumut.com-Sektor Pariwisata di Kabupaten Samosir merespon protokol kesehatan yang sudah ditetapkan dan disepakati dengan Pemerintah Kabupaten Samosir dengan tunduk dan melaksanakannya dengan serius.

Perwakilan pelaku pariwisata Samosir, Ombang Siboro kepada wartawan, Selasa (03/11/2020) menjelaskan, pemerintah Kabupaten Samosir seharusnya memberikan apresiasi atas komitmen semua sektor pariwisata, baik pelaku wisata dan wisatawan atas tertibnya pelaksanaan protokol kesehatan selama libur cuti bersama kemarin.

"Saya melihat lonjakan pengunjung cukup tinggi saat cuti libur kemarin. Namun kunjungan wisatawan itu bisa jauh lebih tinggi, jika seandainya pemerintah tidak mengeluarkan surat edaran yang tidak cerdas kemarin, sebab surat edaran itu sempat membuat orang bimbang untuk berlibur ke Samosir," kata Ombang.

Dia melihat potensi wisata Pulau Samosir yang sudah mendunia tidak lagi terbendung, sehingga saat ini yang dibutuhkan semua kalangan termasuk peran pemerintah yakni peningkatan protokol kesehatan bagi seluruh sektor termasuk sektor pariwisata di Kabupaten Samosir. Oleh karena itu, dia menegaskan pemerintah daerah jangan selalu mengorbankan sektor pariwisata terkait penyebaran Covid 19.

"Masih banyak sektor lain yang belum serius dalam peningkatan protokol kesehatan, sektor transportasi bahkan kantor pemerintah, saya lihat belum sepenuhnya serius untuk protokol kesehatan. Sehingga, jika jumlah penderita Covid 19 naik, jangan selalu menyalahkan sektor pariwisata," tegas pria lulusan UGM ini.

Dia berharap pemerintah tetap bersemangat dalam memberikan pengawasan untuk peningkatan protokol kesehatan, sehingga penyebaran Covid-19 di Samosir bisa ditekan dan semua sektor bisa menjalankan usahanya dengan baik.

Belum lama ini, pejabat sementara bupati Samosir, Lasro Marbun meminta komitmen kepada pelaku wisata untuk tidak longgar dalam menerapkan protokol kesehatan, sehingga penekanan covid terus ditekan di Kabupaten Samosir. Tidak itu saja, pemerintah juga terus melakukan evaluasi dan sosialisasi untuk menegakkan keselamatan dan menyelamatkan ekonomi masyarakat. (BS12)


Tag:danau tobaOmbang Siboropariwisata samosirProtokol KesehatanWisata Sumut