Sosok

Desa Nauli Baribatali, Kampung Masa Kecil Kompol Pardamean Hutahaean


Desa Nauli Baribatali, Kampung Masa Kecil Kompol Pardamean Hutahaean
BERITASUMUT.COM/BS04

Beritasumut.com-Desa Nauli Baribatali, merupakan salah satu perkampungan yang berada di Kecamatan Sigumpar, dan letaknya tak jauh dari Kecamatan Porsea, Kabupaten Toba Samosir. Desa Baribatali tempat lahirnya seorang Kapolsek di jajaran Polrestabes Medan, ialah Kapolsek Medan Helvetia Kompol Pardamean Hutahaean SH SIK MH.

Di kampung kelahiran masa kecilnya, Ibu Kandung Kompol Pardamean yang kerap disapa Ompung Naburju (68), masih tinggal di rumahnya yang sederhana, dikeliling hamparan sawah nan sejuk. "Anakku itu dari kecilnya nggak pernah buat hatiku sakit, selalu tahu apa yang harus dikerjakannya, karena dia tahu kalau kami ini hidup sebagai seorang petani padi dan jagung, yang tak seberapa luas tanah kami. Anakku itu dari kecilnya selalu memberikan contoh dan sering memberikan nasehat-nasehat kepada adik-adiknya," ujar Ibunda Kapolsek Medan Helvetia ini, Kamis (26/11/2020).

Dia menyebut, anakku itu seperti anak lainnya di kampung kami ini. "Masa kecilnya Parmahan Horbo (ngangon kerbau), nanam padi, jagung, terkadang sekali-kali diajaknya adiknya untuk menangkap burung sawah (ruak-ruak) dan marulangat (nangkap ikan di sungai si bargot) untuk menambah lauk makan kami sehari-hari," kenang Ompung Naburju dengan air matanya menetes haru.

Ompung menyebut, sejak kecil ada banyak prestasi Kompol Pardamean Hutahaean. Sosoknya bersekolah di SD Negeri 177072 Halado Kecamatan Siantar Narumonda, SMP Naromunda, SMA Negeri 1 Siantar Narumonda Porsea. "Jadilah dirimu sendiri, dan jadikanlah dirimu sebagai panutan bagi keluargamu, buat Orangtuamu bangga dengan apa yang kau kerjakan. Apapun yang kau rasakan saat ini, itu semua berkat dan karunia Tuhan," pesan Ibunda.

Sementara itu, Kapolsek Medan Helvetia Kompol Pardamean Hutahean mengaku bangga bisa berhasil menjadi orang nomor satu di Polsek Medan Helvetia. "Saya anak kampung, ingin selalu membahagiakan Orangtua saya. Orangtua saya telah berhasil mendidik anak-anaknya, tentunya sikap mengayomi dan rendah hati tetap dijalankan dalam memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat yang ada di wilayah hukum Polsek Medan Helvetia," tandas mantan Kapolsek Percut Sei Tuan ini. (BS04)


Tag:Desa BaribataliKabupaten TobasaKapolsek HelvetiaKecamatan PorseaPardamean HutahaeanToba Samosir