Politik & Pemerintahan

Wakil Ketua DPRD Samosir : Apapun Hasil Gakumdu, Samosir Harus Damai


Wakil Ketua DPRD Samosir : Apapun Hasil Gakumdu, Samosir Harus Damai
beritasumut.com/ist

Beritasumut.com-Wakil Ketua DPRD Samosir, Nasib Simbolon yang juga Ketua DPC Partai PKB Samosir menegaskan masyarakat Samosir harus tetap menjunjung rasa kekeluargaan dan menjauhkan diri dari hasutan yang bisa memecah belah persaudaraan.

"Apapun hasil dari Gakumdu Samosir yang akan diumumkan besok, mari tetap menjunjung kekeluargaan dan kebersamaan bagi seluruh masyarakat Samosir," katanya, Sabtu (19/12/2020).

Menurutnya, Samosir sangat kaya adat istiadat dan kaya kekerabatan hingga saling terikat satu sama lain antar keluarga, sehingga jangan dikarenakan Pilkada hubungan kekeluargaan dan kekerabatan menjadi putus dan terpecah belah. "Pilkada bukan hanya kali ini saja, sudah banyak perhelatan politik terjadi di Samosir dan semoga Samosir selalu damai," terangnya.

Sehari sebelumnya, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Samosir terus bekerja menyelesaikan laporan politik uang yang dilayangkan DPP PDI Perjuangan sehingga akhirnya laporan tersebut telah memenuhi unsur formil dan materil.

"Benar, laporan yg sudah disampaikan telah diperbaiki dan sudah lengkap. Saat ini sedang dalam pemeriksaan dan pengkajian di Gakkumdu Samosir yang melibatkan kepolisian dan kejaksaan. Direncanakan, Minggu 20 Desember mendatang akan diketahui apakah ini akan masuk ke ranah pidana Pemilu," ujar Komisioner Bawaslu, Rianto Nainggolan saat ditemui di kantor Bawaslu Samosir.

Rianto mengaku, pihak Bawaslu sudah melakukan klarifikasi kepada pelapor dan saksi yang diajukan dan yang diajukan oleh pelapor sebanyak dua orang dari kubu paslon nomor urut tiga dengan memeriksa bukti dan saksi. Selanjutnya, Bawaslu Samosir direncanakan akan memeriksa pihak terlapor yakni dari pihak pasangan nomor urut dua.(BS12)


Tag:Pilkada 2020Pilkada Samosirsengketa pilkada