Politik & Pemerintahan

Konjen Rusia Jalin Silaturahmi Bersama Pemerintah Kota Medan


Konjen Rusia Jalin Silaturahmi Bersama Pemerintah Kota Medan
BERITASUMUT.COM/IST

Beritasumut.com-Penjabat Sementara (Pjs) Wali Kota Medan, Ir Arief Sudarto Trinugroho MT, menerima silaturahmi dari Kepala Kantor Konsulat Jenderal (Konjen) Rusia yang ada di Medan, bertempat di Rumah Dinas Wali Kota Medan, Rabu (25/11/2020).

Kepala Kantor Konjen Rusia, Muhammad Fauzi Nasution yang hadir bersama dengan Nikolai Tzurov menyampaikan bahwa silaturahmi ini bertujuan untuk memberitahukan kepada Pjs Wali Kota Medan terkait dua aset milik Rusia yang masih berada di kota Medan. Kedua aset tersebut diantaranya Kantor Konjen Rusia, Pusat Perdagangan, serta budaya Rusia yang berada di Jalan Karim MS dan Jalan Suryo.

"Kami ingin mengatifkan kembali kedua aset Rusia yang ada di sini seperti sebelumnya. Selama ini kan tidak berfungsi, jadi kami ingin mengembangkannya kembali, sebab kedua aset ini sudah ada di Kota Medan sejak tahun 1949," kata M Fauzi.

Dua aset berharga miliki Rusia ini, sebut M Fauzi mulai terbengkalai sejak runtuhnya negara Uni Soviet sehingga membuat negara Rusia gamang untuk mengembangkannya. Karena itulah M Fauzi menjelaskan, Rusia berinisiatif untuk mengaktifkan fungsi-fungsi yang ada kembali khususnya di bidang pendidikan, sebab Indonesia sendiri setiap tahunnya mengirim 300 orang untuk belajar ke Rusia.

"Dari 300 orang tersebut sayangnya mahasiswa yang berasal dari Sumatera Utara hanya tiga orang yang menimba ilmu ke Rusia. Padahal negara Rusia hanya memiliki 3 konsulat di Indonesia diantaranya Medan, Surabaya dan Bali, bahkan konsulat di Medan ini yang paling besar. Jadi kerjasama inilah yang harus terus kita kembangkan, apalagi saat ini banyak negara yang ingin menjalin kerjasama dengan Indonesia," jelas M Fauzi.

Selain di bidang pendidikan, M Fauzi juga menginginkan agar kerjasama antara Rusia dan Indonesia dapat terus di tingkatkan dalam berbagai sektor sebagai wujud persahabatan kedua negara. Terlebih di masa pandemi covid-19, tentunya kerjasama penanganan covid-19 sangat penting. "Kita juga berharap Rusia dan Indonesia dapat bekerjasama dalam pengadaan obat-obatan dan vaksin covid-19 ini," harapnya.

Sementara itu, Pjs Wali Kota Medan mengaku senang atas kunjungan silaturahmi ini. Pjs Wali Kota Medan juga menginginkan agar Rusia lebih aktif dalam menjalin hubungan kerjasama dengan Indonesia khususnya kota Medan. "Kita ingin agar Rusia lebih aktif dalam menjalin kerjasama dengan Indonesia khususnya Kota Medan seperti konsulat-konsulat negara lainya yang ada di Kota Medan. Sehingga kerjasama antar kedua negara dapat semakin ditingkatkan," ujarnya.

Pjs Wali Kota Medan juga mengajak Rusia agar mau berinvestasi di Kota Medan dan juga Provinsi Sumut. Sebab Kota Medan dan Provinsi Sumut memiliki kekayaan sumber daya alam yang melimpah. "Sektor ini sudah mulai dilirik oleh perusahaan-perusahan dari Korea, jadi saya mengajak Rusia untuk mau berinvestasi di Sumut khususnya kota Medan," ajaknya, didampingi sejumlah pimpinan OPD diantaranya, Kepala Dinas Perdagangan, Dammikrot, Kepala Dinas Perindustrian, Parlindungan Nasution, Plt Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Ahmad Bassarudin, dan Plt Kabag Hubungan Kerjasama, Indra Gunawan. (Rel)


Tag:Konjen RusiaKonsulat JendralMFauzi NasutionNikolai TzurovPemko Medan