Politik & Pemerintahan

DPRK Lhokseumawe Kunker ke Pemko Medan, Pelajari Tata Kelola Pemerintahan


DPRK Lhokseumawe Kunker ke Pemko Medan, Pelajari Tata Kelola Pemerintahan
BERITASUMUT.COM/IST

Beritasumut.com-Dewan Perwakilan Rakyat Kota (DPRK) Lhokseumawe melakukan kunjungan kerja ke Pemerintah Kota Medan, Kamis (12/11/2020). Selain bersilaturahmi, kedatangan para legislator ini ingin memperluas Referensi dan pengetahuan serta informasi terkait Tata Kelola Pemerintahan yang dilaksanakan Pemko Medan selama ini.

Rombongan wakil rakyat Kota Lhokseumawe yang dipimpin Ketua DPRK Lhoukseumawe Ismail ini diterima Penjabat Sementara (Pjs) Wali Kota Medan, Ir Arief Sudarto Trinugroho MT, diwakili Kabag Humas Setdako Medan Arrahman Pane di Balai Kota. Selain Ketua DPRK Lhokseumawe, hadir juga Wakil Ketua T. Sofianus, Ketua Panita Legislasi Azhari T Ahmadi, serta Wakil Ketua Panitia Legislasi Sudirman Amin.

Dalam sambutannya, Kabag Humas Arrahman Pane mengucapkan selamat datang kepada seluruh rombongan di Kota Medan. Kemudian, Arrahman juga menyampaikan ucapan terima kasih karena telah memilih Kota Medan sebagai tempat kunker. "semoga pertemuan ini menjadi sarana Kita untuk mempelajari keunggulan dari masing-masing Kota", kata Kabag Humas.

Kemudian, Arrahman juga menjelaskan secara singkat tentang profil Kota Medan yang terdiri dari 21 kecamatan, 151 kelurahan dan 2001 lingkungan dengan luas wilayah mencapai sekitar 265,1 km persegi. Sedangkan jumlah penduduk sebanyak 2,4 jiwa dengan arus komuter lebih dari 500 ribu perharinya. Meski heterogen, bilang Kabag Humas, masyarakat tetap hidup rukun dalam bingkai kerukunan.

"Terkait Tata Kelola Pemerintahan, saat ini Pemko Medan telah menerapkan berbagai sistem tata kelola pemerintahan dan layanan berbasis elektronik.Sebagai contoh Pemko Medan memiliki sistem Area Traffic Control System (ATCS) untuk melihat arus lalu lintas Kota Medan. Selain itu, aplikasi Medan Rumah Kita (MRK) sebagai sarana bagi masyarakat untuk menyampaikan keluhan dan aduan sehingga dapat ditindaklanjuti OPD terkait", jelas Kabag Humas.

Sementara itu, Ketua DPRK Lhokseumawe Ismail menyampaikan ucapan terima kasih atas sambutan yang diberikan Pemko Medan. Dia berharap, pertemuan ini dapat memberikan banyak saran, masukan dan ilmu Khusus terkait Tata Kelola Pemerintahan sehingga nantinya dapat diterapkan di Kota Lhokseumawe.

“Kunjungan kerja ini kami lakukan untuk memperluas pengetahuan dan mempelajari Tata Kelola Pemerintahan Kota Medan. Nantinya hasil pertemuan ini akan kami implementasi untuk Kota Lhokseumawe guna meningkatkan mutu dan kualitas Tata Kelola Pemerintahan di Kota Lhokseumawe. Artinya Kami ingin Kota Lhokseumawe juga maju seperti Kota Medan," kata Ismail. (Rel)


Tag:DPRK Lhokseumawekunjungan kerjaPemko MedanTataKelola Pemerintahan