Peristiwa

Rawan Banjir, Kelurahan Berngam Galakkan Program Siaga Bencana


Rawan Banjir, Kelurahan Berngam Galakkan Program Siaga Bencana
beritasumut.com/BS08
Beritasumut.com-Kelurahan Berngam yang dikenal sebagai daerah rawan banjir, menggalakkan program Kampung Siaga Bencana. Hal tersebut dilakukan agar daerah yang rawan banjir ini dapat sigap ketika bencana datang menerjang kawasan tersebut.
 
Program Kampung Siaga Bencana ini muncul atas inisiatif Lurah Berngam, Rendro Masetio, berdasarkan hasil diskusi dengan perangkat Kelurahan dan masyarakat.
 
Menurut Lurah, anggaran Posko Kampung Siaga Bencana yang lokasinya untuk sementara ini di Kantor Kelurahan, Jalan Pembina, Binjai Kota, berasal dari Pemerintah Provinsi Sumatera Utara. "Ini (Kampung Siaga Bencana) sudah ada kegiatannya sejak tahun 2014. Kampung Siaga Bencana ini cuma ada satu satunya, yakni di Berngam," ujar Rendro, Rabu (20/09/2017).
 
Pengurus Kampung Siaga Bencana ini sudah dibentuk. Ada sekitar 60 orang jumlah pengurus yang turut terlibat di dalamnya masyarakat Berngam sendiri. "Pada bulan lalu (Agustus), sudah mulai berjalan kembali, karena dananya baru turun dari Pemprov," ujarnya.
 
Menurutnya, Posko Kampung Siaga Bencana sebelumnya bukan di Kantor Kelurahan Berngam, melainkan pada sebuah rumah yang dijadikan gudang peralatan logistik dan peralatan siap siaga bencana. Bahkan, Simulasi-simulasi dalam menghadapi bencana pun sudah sering dilakukan oleh pengurus.
 
"Program Kampung Siaga Bencana ini lahir karena Berngam adalah lokasi yang rawan banjir. Jadi tidak bergantung‎ lagi pada Dinas Sosial. Artinya, kami bisa melakukan penanganan awal," ujarnya.
 
Menanggapi hal ini, Ketua Komisi C Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Binjai, Tengku Matsyah mengapresiasi hal tersebut. Menurut dia, langkah Rendro melahirkan program itu cukup baik.‎ "Bagus, positif. Karena memang tempatnya rawan banjir, jadi bisa cepat melakukan penanganan awal kepada masyarakat. Lokasi rawan banjir lain ada di Kelurahan Mencirim, Kelurahan Setia, Kelurahan Kebun Lada dan Kelurahan Cengkeh Turi," sebutnya.(BS08)

Tag:Kampung Siaga BencanaKelurahan Berngamrawan banjir