Peristiwa

Ratusan Rumah di Kelurahan Sei Mati Dikepung Banjir, Tinggi Air Mencapai 2 Meter


Ratusan Rumah di Kelurahan Sei Mati Dikepung Banjir, Tinggi Air Mencapai 2 Meter
BERITASUMUT.COM/BS04

Beritasumut.com-Hujan seharian dan banjir kiriman dari gunung membuat ratusan rumah terendam banjir di kawasan Jalan Brigjen Katamso, Gang Tengah, Lingkungan 9, Kelurahan Sei Mati, Kecamatan Medan Maimun. Ketinggian air diperkirakan telah mencapai 2 meter lebih.

"Bahkan ada puluhan rumah yang di Jalan Brigjen Katamso, Gang Tengah sudah rata dengan banjir kiriman dari gunung tersebut," ucap penduduk setempat yang turut mengevakuasi warga, Syahriun (52) kepada wartawan, Jumat (04/11/2020).

Kata, dia, hujan dan banjir mulai terjadi pada hari Kamis (03/12/2020) malam sekitar pukul 22.00 WIB. Air mulai menjalar ke rumah warga yang dataran rendah sehingga dalam hitungan menit saja air sudah meratakan ratusan rumah milik warga. Namun begitu warga yang sudah sering merasakan luapan banjir tersebut langsung menyelamatkan harta benda ke rumah warga yang tidak terendam banjir.

"Saya mengaku bangga melihat elemen masyarakat yang ada turut serta membantu warga menjadi korban banjir kiriman dari gunung tersebut," sambung Syahriun.

Menurutnya, warga sangat terbantu dengan kehadiran Brimob Polda Sumut telah menyediakan Dapur Umum untuk korban banjir. "Kali ini warga terbantu dengan kehadiran petugas Brimob menyediakan makan siang untuk warga lingkungan 8 dan 9," sebutnya.

Tentunya kehadiran petugas yang ada juga menjadi situasi tetap aman dan kondusif. "Kita juga berterima kasih kepada petugas Brimob telah menyediakan perahu karet untuk mengevakuasi warga yang masih ada di dalam rumah," ungkapnya.

Syahriun mengaku sempat khawatir di tempat tinggalnya ada orang yang terseret banjir kiriman dari gunung tersebut. "Banjirnya tidak akan surut dalam satu hari ini. Airnya tidak surut bahkan semakin tinggi," tandasnya. (BS04)


Tag:Banjirbencana alamMedan BanjirSei Mati