Peristiwa

Raker Ikajara Kota Medan, Kadis Pariwisata Harapkan Program Kerja yang Visioner


Raker Ikajara Kota Medan, Kadis Pariwisata Harapkan Program Kerja yang Visioner
BERITASUMUT.COM/IST

Beritasumut.com-Kepala Dinas Pariwisata Kota Medan, Drs Agus Suriyono mengharapkan kepada seluruh pengurus Ikatan Jaka Dara (Ikajara) Kota Meda agar dapat menyusun program kerja yang visioner. Harapan ini disampaikan Agus, mewakili Pjs Wali Kota Medan, Ir Arief Sudarto Trinugroho MT, dalam acara rapat kerja (raker) pertama Ikajara Kota Medan yang diadakan di Hotel Grand Kanaya, Sabtu (14/11/2020).

Dalam pembukaan rapat yang tetap menerapkan protokol kesehatan tersebut, Agus Suriyono mengatakan raker ini menentukan program Ikajara ke depannya. Karena itu dalam rapat kerja tersebut harus di sesuaikan dengan kebutuhan yang ada saat ini di era digitalisasi. Agus mengajak seluruh pengurus Ikajara untuk menata program kerjanya yang semakin visioner.

"Ikajara harus bisa mewujudkan program kerja yang visioner yang disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat saat ini, artinya di era digitalisasi ini pengurus Ikajara harus mampu memanfaatkan kemampuan digital yang di miliki agar dapat mengembangkan nama Ikajara di tengah-tengah masyarakat kota Medan," ajak Agus.

Agus berharap Ikajara dapat menjadi duta dalam mempromosikan pariwisata di Kota Medan agar pariwisata kota Medan semakin dikenal baik di dalam maupun luar negeri. "Ikajara harus bisa menjadi etalase pariwisatanya Kota Medan, karena itu saya berharap seluruh pengurus Ikajara dapat benar-benar menjadi duta pariwisata di Kota Medan," harapnya.

Sementara itu, Ketua Umum Pengurus Besar Mejelis Adat Budaya Melayu Indonesia, Dato Seri H Syamsul Arifin yang turut hadir sekaligus membuka rapat kerja tersebut berpesan agar Ikajara Kota Medan dapat terus bangkit dan berkembang dalam mendukung dan menjaga pariwisata serta adat istiadat yang ada di kota Medan. "Ikajara harus bisa menunjukkan eksistensinya ditengah masyarakat dalam menjaga adat budaya yang ada di Kota Medan," pesan Syamsul.

Selain itu, Syamsul juga menginginkan agar Ikajara mampu berbuat untuk kepentingan masyarakat misalnya dengan menciptakan UMKM sebagai roda penggerak ekonomi masyarakat. "Peluang ini harus dimanfaatkan oleh anggota Ikajara sebab ditengah kondisi saat ini hanya UMKM yang dapat membantu bangsa ini," pintanya.

Sebelumnya Ketua Umum Ikajara Kota Medan, Ari Ismail SSos MM yang juga menjabat sebagai Lurah Sei Mati, Kecamatan Medan Labuhan ini menjelaskan bahwa rapat kerja ini guna menyusun program kerja Ikajara Kota Medan kedepanya yang nantinya dapat disinergikan dengan program yang di miliki oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang ada di Pemko Medan.

"Ikajara ini adalah wajahnya kota Medan, artinya Ikajara menjual dan mempromosikan wajah kota Medan salah satunya di bidang pariwisata, karena itu kami berharap Ikajara mendapat dukungan dari OPD Pemko Medan agar bisa di kenal di tingkat Nasional maupun Internasional," jelas Ari.

Ari menambahkan, pengurus Ikajara Kota Medan dengan segala potensi yang ada mampu menjawab tantangan di era digitalisasi saat ini, namun meskipun begitu Ari menyebutkan harus ada dukungan dari OPD terkait agar Ikajara dapat menjalani program-program kerjanya. "Saya yakin pengurus Ikajara memiliki potensi yang luar biasa untuk menjawab tantangan kedepanya, namun harus di dukung oleh OPD terkait sehingga program kerja yang visioner seperti yang diharapkan dapat terlaksana dengan baik," pungkasnya. (Rel)


Tag:Ikajara MedanJaka DaraKadis PariwisataPemko MedanSyamsul Arifin