Peristiwa

Polres Simalungun Ikuti Desk Evaluasi Zona Integritas Kemenpan RI, Dukung Pemerintah Ciptakan Wilayah Bebas Korupsi


Polres Simalungun Ikuti Desk Evaluasi Zona Integritas Kemenpan RI, Dukung Pemerintah Ciptakan Wilayah Bebas Korupsi
BERITASUMUT.COM/IST

Beritasumut.com-Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia (Kemenpan RI) menggelar Desk Evaluasi Zona Integritas secara virtual melalui aplikasi Zoom, pada Selasa (24/11/2020) pagi. Kegiatan ini diikuti oleh personil Polres Simalungun, dipimpin Kapolres AKBP Agus Waluyo SIK, bertempat di Ruang Rapat Sat Lantas Polres Simalungun.

Kapolres Simalungun, dilansir dari Tribratanews.sumut.polri.go.id, Rabu (25/11/2020) mengatakan Polres Simalungun merupakan salah satu Unit kerja jajaran Polda Sumatera Utara yang diusulkan dalam Zona Integritas untuk memperoleh predikat WBK menuju WBBM di tahun ini. Karena itu, dalam kegiatan ini dilakukan pemaparan program-program serta inovasi unggulan yang dimiliki Polres Kabupaten Simalungun.

“Kami memiliki sejumlah program unggulan seperti pelayanan SIM, Gojek BPKB, Aplikasi Horas Paten serta inovasi lainnya yang dapat menunjang kualitas pelayanan kepada masyarakat,” ujar AKBP Agus Waluyo SIK. Setelah melakukan pemaparan dan presentasi capaian Zona Integritas, kemudian kegiatan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab oleh Tim Evaluator Kemenpan RB.

Disebutkannya, lebih khusus pertanyaannya mengarah kepada pelayanan publik dan inovasi-inovasi, baik berupa inovasi aplikasi maupun inovasi manual. "Dapat dijelaskan bahwa Polres Simalungun memiliki Inovasi Pelayanan Publik guna mempermudah masyarakat di Kabupaten Simalungun untuk mendapatkan pelayanan kepolisian," sambungnya.

Aplikasi Horas Paten, lanjut Kapolres, merupakan terobosan kreatif yang saat ini telah diluncurkan oleh Polres Simalungun. "Dengan aplikasi ini masyarakat dapat melaporkan kejadian yang dialami ataupun dilihat, sehingga personil Polres Simalungun yang ada di seluruh wilayah dapat mengetahui dan segera tanggap untuk memberi pertolongan kepada masyarakat," jelasnya.

Dipaparkannya, ada banyak informasi yang disajikan dalam Aplikasi Horas Paten, seperti informasi perkembangan Covid-19, lokasi-lokasi penting, kegiatan bansos, pemulihan ekonomi, tombol Panic, dan saat ini pengguna Aplikasi Horas Paten sudah mencapai 1000 pengguna oleh masyarakat simalungun.

Banyak keberhasilan kepolisian untuk penangkapan pelaku kriminal dengan bantuan aplikasi ini, sehingga mendapat apresiasi dari beberapa tokoh publik seperti Ketua Komnas Perlindungan Anak Arits Merdeka Sirait dan tokoh-tokoh masyarakat lainnya di wilayah Simalungun.

Dia menegaskan, predikat WBK dan WBBM bukanlah tujuan akhir, melainkan kepuasan masyarakat dalam menerima pelayanan merupakan suatu apresiasi dan kesuksesan Polri dalam mewujudkan Polres Simalungun yang Promoter. "Semoga Polres Simalungun sukses untuk meraih penilaian terbaik menuju WBK (Wilayah Bebas Korupsi) dan WBBM (Wilayah Birokrasi Bersih Melayani),” harap Kapolres. (BS04)


Tag:Kemenpan RIPolres SimalungunWBKZona Integritas