Peristiwa

Pjs Walikota Medan Pimpin Apel Bersama di Polres Pelabuhan Belawan


Pjs Walikota Medan Pimpin Apel Bersama di Polres Pelabuhan Belawan
beritasumut.com/ist

Beritasumut.com-Pjs Walikota Medan, Ir Arief Sudarto Trinugroho MT memimpin apel bersama dalam rangka kesiapan penanggulangan bencana alam di wilayah hukum Polres Pelabuhan Belawan, Rabu (11/11/2020).

Apel bersama yang dipusatkan di lapangan Apel Polres Pelabuhan Belawan diikuti oleh sejumlah personil yang terdiri dari Polri, Basarnas, Dishub dan BPBD. Apel diawali dengan pemeriksaan pasukan oleh Pjs Walikota Medan, Ir Arief Sudarto Trinugroho MT bersama dengan Kapolres Pelabuhan Belawan, AKBP Mhd R Dayan guna melihat kesiapan seluruh personil.

Pjs Walikota Medan dalam arahannya mengatakan musibah bencana atau apapun namanya yang berbentuk kejadian yang tidak diharapkan bisa menimpa siapa saja dan kapan saja. Apalagi Indonesia berada dalam lingkaran cincin api atau Ring of Fire sehingga bencana bisa sewaktu-waktu terjadi di tanah air. Penyebab bencana selain karena kondisi alam, bisa juga karena prilaku manusia dan dampak pembangunan yang tidak ramah lingkungan dan tidak mempertimbangkan risiko bencana yang bisa terjadi.

Untuk itulah, Pjs Walikota Medan mengajak seluruh jajaran untuk membangun paradigma kesiapsiagaan terhadap musibah bencana pada seluruh aspek kehidupan sehingga mampu menciptakan kondisi tanggap terhadap bencana dan mengurangi risiko yang mungkin dapat timbul sewaktu-waktu. "Dengan kesiapsiagaan musibah itu insya allah akan bisa kita tanggulangi bersama," ujarnya.

Oleh karena Indonesia berada di kawasan Ring of Fire, Pjs Walikota Medan mengungkapkan segala bentuk musibah dan bencana alam pernah terjadi dan sangat mungkin akan kembali terjadi lagi di Indonesia. Salah satu bencana alam yang kerap rutin terjadi di wilayah hukum Polres Pelabuhan Belawan adalah banjir rob. Sebagai musibah yang kerap terjadi, banyak warga yang menganggap hal ini sebagai hal yang biasa saja, padahal musibah banjir rob bisa di minimalisir dampaknya jika memiliki sistem drainase air yang mumpuni.

"Karena itu peringatan dini atas segala potensi bencana harus terus kita pantau jangan sampai lengah agar kita tidak kecolongan. Jika kita mampu mengantisipasi saya yakin kita akan selalu siap sedia dalam menghadapi musibah bencana alam dan turut berperan serta secara aktif dalam menjaga situasi kondusif di kota Medan," ujar Pjs Walikota Medan.

"Saya berharap kita semua mampu bersikap profesional, modern dan terpercaya sehingga apapun potensi bencana alam bisa diminimalisir dampaknya," harapnya.(BS07)


Tag:Polres Pelabuhan BelawanAntisipasi Bencanaapel Polres Belawanbencana alamKesiapsiagaan Bencana