Peristiwa

MAN 1 Medan Jadi Tuan Rumah Ujian Induksi Guru Pemula Kemenag


MAN 1 Medan Jadi Tuan Rumah Ujian Induksi Guru Pemula Kemenag
BERITASUMUT,COM/IST

Beritasumut.com-Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Medan melaksanakan ujian Induksi terhadap guru pemula angkatan tahun 2019 sebanyak 19 orang di Aula MAN 1 Medan selama dua hari yakni Selasa dan Rabu (10-11/11/2020).

Penguji induksi berjumlah 6 orang terdiri dari 3 orang pengawas Kemenag Kota Medan yaitu Drs Khairul Bahri MA, Drs Sair Tumanggor MSi dan Marhayani Polem SAg MPdI. Kemudian dari pihak madrasah yaitu Kepala MAN 1 Medan Maisaroh SPd MSi dan 2 orang pembimbing yaitu Rahmad Jamil SAg MPd dan M Choiruddin MA.

Dalam arahannya, Maisaroh mengharapkan kepada semua guru pemula agar serius mengikuti Induksi ini karena memiliki tujuan yang sangat bagus untuk menjadikan guru pemula menjadi guru yang profesional dan berkompeten dalam bidang keilmuan masing-masing.

"Ujian Induksi ini adalah program pemerintah (Keputusan Dirjen Pendis, No 5792 2019, tentang Petunjuk Teknis Program Induksi Guru Pemula Madrasah) bagi setiap guru pemula di lingkungan Kementerian Agama. Bertujuan untuk mengetahui seberapa layak kompetensi seorang CPNS yang akan diangkat menjadi PNS sebagai syarat untuk mendapatkan tunjangan sertifikasi pendidik," ujar Kepala MAN 1 Medan, Maisaroh SPd MSi, dilansir dari Sumut.kemenag.go.id, Rabu (11/11/2020).

Dalam pelaksanaannya, lanjutnya, setiap guru akan bertemu dengan 6 orang penguji yang sudah ditugaskan oleh Kakan Kemenagsu Dr H Impun Siregar MA yang berkompeten dalam bidangnya. "Materi dipusatkan kepada 5 kompetensi yaitu kompetensi pedagogik, kompetensi profesional, kompetensi sosial, kompetensi kepribadian dan kompetensi keagamaan sebagai ciri khas madrasah," jelas Maisaroh.

Senada itu, WKM Humas MAN 1 Medan Kurnia Senja SAg MSc mengharapkan dengan adanya guru pemula yang telah di induksi memberikan angin segar kepada MAN 1 Medan untuk meningkatkan prestasi siswa di masa-masa yang akan datang. "Sehingga bisa dan mampu bersaing dengan madrasah dan sekolah lain untuk menjadi nomor satu khususnya di kota Medan dan umumnya di Sumatera Utara," harapnya. (BS09)


Tag:Guru PemulaInfo KemenagMAN1 MedanUji Induksi