Peristiwa

Ketua MKI Sumut Hadiri Peresmian Listrik Desa di Tapanuli Utara


Ketua MKI Sumut Hadiri Peresmian Listrik Desa di Tapanuli Utara
beritasumut.com/ist

Beritasumut.com-Ketua Masyarakat Ketenagalistrikan Indonesia (MKI) Sumatera Utara (Sumut) Prof Dr HM Isa Indrawan SE MM menghadiri acara peresmian listrik desa serentak 9 dusun, di Desa Adian Koting, Kabupaten Tapanuli Utara, Sumatera Utara, Jumat (22/01/2021).

Acara peresmian ini dihadiri oleh Bupati Tapanuli Utara, Drs Nikson Nababan MSi didampingi oleh Sekda Kabupaten Taput, Indra Simaremare dan jajarannya, General Manager PLN Wilayah Sumut M Irwansyah Putra berserta jajarannya, Ketua Umum Kadin Sumatera Utara Ivan Iskandar Batubara yang diwakili oleh Direktur Eksekutif Hendra Utama, Ketua Komite Advokasi Daerah (KAD) anti Korupsi Sumut KPK RI M Santri Sinaga, Ketua Kadin Medan Arman Chandra, seluruh Kepala Desa, Kepala Dusun, PGRI Kabupaten Taput, Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat dan masyarakat setempat.

Kesembilan dusun yang serentak dialirin listrik yaitu Dusun Limus, Dusun Lobu Haminjon, Dusun Siantar Naipospos, Dusun Lobu Jambang, Dusun Batu Lamak, Dusun Torhonas, Dusun Bagot, Dusun Huta Silalahi dan Dusun Sitandiang, acara dimulai dari menekan tombol peresmian dan menyala lampu.

Isa Indrawan yang juga Rektor Unpab mengapresiasi Kinerja PLN Wilayah Sumatera Utara sejak di bawah kepempinan Irwansyah Putra yang berani dan mendorong ketinggalan sumber kehidupan yaitu energi. "Secara pribadi saya sedih mengingat di era globalisasi ini masih ada desa di Sumut yang belum tersalur aliran listrik, padahal energi adalah awal sumber kehidupan, sumber penerangan, sumber pendidikan, sumber perekonomian, khususnya di pendidikan bagaimana masyarakat di sini untuk belajar apabila penerangan di malam hari masih menggunakan lampu manual.MKI Sumut berharap, ke depan pengaliran listrik diseluruh wilayah Sumut dapat diatasi. Dengan demikian ke depan tak ada lagi Dusun yang tidak dialiri listrik di Sumut,” kata Isa.

Isa Indrawan menambahkan, kita mesti terus terang bila ingin terang terus, infrastruktur Sumut khususnya listrik harus mampu menggali sumber daya alternatif. Padahal, Sumut memiliki sumber energi terbarukan yang melimpah. “Sumut mulai dari atas hingga bawah tersedia energi terbarukan. Di bawah tanah ada panas bumi, di dalam tanah ada air, dan di udara ada tenaga angin dan surya. Jadi di Sumut ini punya energi terbarukan yang komplet. Tinggal bagaimana mendayagunakannya agar bermanfaat mengatasi krisis listrik di Sumut,” ujar Isa yang ikut merasakan kegembiraan masyarakat saat itu.

Isa Indrawan menegaskan, pemenuhan energi listrik bukan hanya tanggung jawab PT PLN, tapi juga masyarakat. “MKI lahir untuk memberikan pemikiran dan masukan kepada pemerintah dalam pemenuhan energi listrik,” tuturnya.(BS10)


Tag:Arman ChandraKadinKadin MedanMKIlistrik desaperesmian listrik desa