Peristiwa

Audiensi dengan Bupati Dairi, P3S Berikan Ide dan Masukan untuk Peningkatan Pasar Sidikalang


Audiensi dengan Bupati Dairi, P3S Berikan Ide dan Masukan untuk Peningkatan Pasar Sidikalang
BERITASUMUT.COM/IST

Beritasumut.com-Sejumlah perwakilan dari pengurus Persatuan Pedagang Pasar Sidikalang (P3S) menggelar audiensi dengan Bupati Dairi, Dr Eddy Keleng Ate Berutu di Gedung Pendopo Kantor Bupati Dairi.

Selain dari pengurus P3S, audiensi ini dihadiri berbagai pejabat terkait diantaranya Plt. Direktur Perusahaan Daerah Pasar Kabupaten Dairi Edward Hutabarat, Kepala Bidang Perdagangan pada Dinas Perindagkop Kabupaten Dairi Ripmo Padang, Kepala Bidang Organisasi Kemasyarakatan pada Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Dairi Pangoloi Manik, Kepala Bagian Perekonomian Setda Kabupaten Dairi, dan Kepala Bagian Perekonomian Setda Kabupaten Dairi.

Maksud dari tujuan audiensi ini digelar untuk memberikan berbagai masukan dari para pedagang guna peningkatan peningkatan kualitas Pasar Sidikalang, serta penyampaian Permohonan kesediaan Bupati Dairi sebagai Penasehat P3S.

Dalam pertemuan itu disampaikan bahwa polemik sewa blok A dan blok B yang mencuat sehubungan berakhirnya masa sewa menimbulkan polemik pertentangan antara pedagang dengan PD Pasar Kabupaten Dairi selaku pengelola. Kekurangan-kekurangan prosedur yang terjadi pada awal masa sewa menimbulkan kesalahpahaman pedagang, dan memicu kesadaran pedagang untuk membuat wadah persatuan sebagai perwakilan pedagang dalam menyuarakan aspirasi dan ide secara terstruktur dan legal.

“Untuk menyatukan persepsi dan menjadi penghubung pedagang kepada Pemerintah dan PD Pasar Kabupaten Dairi, pedagang membentuk Persatuan Pedagang Pasar Sidikalang (P3S) dan memohon kesediaan Bapak Bupati sebagai Penasehat Organisasi, sekaligus memberikan gambaran masalah pasar terkini dan alternatif solusi yang dapat diambil,” ujar salah satu pengurus P3S, Chandra Simanjuntak dilansir dari laman dairikab.go.id, Minggu (15/11/2020).

Ia melanjutkan, para pedagang mempunyai cita-cita menjadi mitra pemerintah mewujudkan Pasar Sidikalang yang maju, bersih , tertib dan nyaman sehingga dapat menjadi ikon Kabupaten Dairi dan kebanggaan masyarakat.Pasar Sidikalang harus ditransformasi menjadi pasar semi modern sebagaimana pasar-pasar di Pulau Jawa, melalui rehabilitasi total sehingga dapat menampung seluruh pedagang, melalui penyediaan sarana prasarana yang layak, dan tidak memberikan celah alasan bagi pedagang untuk melanggar zonasi dagangan.

Ia mengungkapkan, PD Pasar Kabupaten Dairi belum memberikan pelayanan yang profesional kepada pasar, dan diharapkan dapat mengembangkan usahanya melalui jenis-jenis lainnya melalui intensifikasi pendapatan berupa pengelolaan parkir modern, serta diversifikasi pendapatan melalui keterlibatan dalam perdagangan hasil bumi, maupun jasa "jasa layanan lainnya.“Untuk kemajuan pasar Sidikalang, diharapkan pemerintah menjadikan pedagang sebagai mitra saling menguntungkan. Untuk merekatkan hubungan pedagang dengan pemerintah Kabupaten Dairi, dimohon kesediaan Bapak Bupati menjadi Penasehat organisasi pedagang,” terangnya.

Menanggapi hal itu, Plt Direktur PD Pasar Kabupaten Dairi Edward Hutabarat, menyampaikan pada prinsipnya PD Pasar siap bertransformasi menjadi Perusahaan profesional untuk memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh elemen pasar.“Seluruh ide disampaikan pedagang merupakan pertimbangan berdasarkan kemampuan sumber daya,” ujar Edward Hutabarat.

Di kesempatan itu, Bupati Dairi Dr Eddy Keleng Ate Berutu menyampaikan dirinya baik sebagai pribadi dan kepala pemerintahan mendukung terbentuknya organisasi pedagang (P3S) dan akan bersedia menjadi penasehat setelah seluruh kelengkapan organisasi dinyatakan lengkap oleh Badan Kesbangpol Kabupaten Dairi.

Menurutnya, keberadaan organisasi ini diharapkan memberikan warna perubahan dalam upaya mentransformasi pasar Sidikalang menjadi Pasar Modern, yang dimulai dari pedagang sendiri dengan patuh terhadap aturan pemerintah. Begitu juga kemitraan yang diharapkan pedagang merupakan kesadaran tanggung jawab terhadap kemajuan pasar yang memberikan dampak positif terhadap kemampuan pelayanan yang diberikan pemerintah dan pada akhirnya mencapai tujuan bersama yaitu meningkatkan pendapatan masyarakat pedagang dengan demikian meningkatkan perekonomian daerah.

“Keterbatasan anggaran merupakan kondisi umum di seluruh daerah, hal ini berdampak ketidakmampuan pemerintah untuk sekaligus membangun sarana prasarana secara keseluruhan dan dilakukan secara bertahap dengan membuat skala prioritas,” ujar Bupati Eddy Berutu.

Terkait Ide-ide yang disampaikan oleh P3S, Bupati Dairi Dr Eddy Keleng Ate Berutu menyampaikan akan dipelajari lebih lanjut atas berbagai masukan yang disampaikan oleh para pedagangan. Ide ini akan akan disempurnakan melalui gambar kerja dan perhitungan kebutuhan anggaran untuk mewujudkannya.(BS09)


Tag:dairiPasarPasar SidikalangPedagang