Peristiwa

86 Mahasiswa Lulusan IT Del Diwisuda


86 Mahasiswa Lulusan IT Del Diwisuda
Wagub Sumut Tengku Erry Nuradi menerima cenderamata dari Pembina Yayasan Del Jenderal TNI (Purn) Luhut B Pandjaitan dalam acara wisuda mahasiswa IT Del di Kampus IT Del, Jalan Sisingamangaraja, Sitoluama, Laguboti, Toba Samosir (Tobasa), Sabtu (6/9/
Tobasa, (beritasumut.com) – Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagub Sumut) Tengku Erry Nuradi mengimbau mahasiswa Institut Teknologi Del (IT Del) untuk tidak ngotot bekerja di perusahaan. Lulusan IT Del diharapkan menjadi intrepreneur bidang informasi teknologi yang dapat membuka lapangan pekerjaan.

Imbauan tersebut disampaikan Wagub Tengku Erry dalam acara wisuda mahasiswa IT Del angkatan 11 sekaligus Dies Natalis IT Del ke 13 yang di Kampus IT Del, Jalan Sisingamangaraja, Sitoluama, Laguboti, Toba Samosir (Tobasa), Sabtu (6/9/2014) kemarin.

Hadir dalam acara tersebut Pembina Yayasan Del Jenderal TNI (Purn) Luhut B Pandjaitan, Ketua Pengurus Yayasan Del Patuan P Simatupang, Rektor IT Del Prof Roberd Saragih, Rektor Universitas Paramadina Anies Rasyid Baswedan, Presiden Direktur Microsoft Indonesia Andreas Diantoro, Bupati Samosir Mangindar Simbolon dan sejumlah undangan lainnya.

Dihadapan 86 mahasiswa IT Del yang diwisuda, Erry menjelaskan saat ini merupakan jaman internet yang membuka peluang bisnis tidak terhingga, mulai jual beli lewat dunia maya, transaksi keuangan, program dan bisnis aplikasi yang mencakup berbagai bidang.

“Sebagai mahasiswa yang memiliki bekal pengetahuan informasi teknologi, saya mendorong mahasiswa IT Del yang diwisuda untuk memanfaatkan ilmunya menjadi intrepreneur muda dengan membangun usaha yang beikaitan informasi teknologi. Dengan begitu, akan tercipta lapangan pekerjaan baru yang diharapkan dapat menyedot tenaga kerja,” harap Erry.

Erry juga menjelaskan, Indonesia saat ini sangat membutuhkan pengusa muda berbakat untuk membangun Indonesia. Dari populasi penduduk yang ada saat ini, jumlah pengusaha Indonesia hanya mencapai 1 persen. Jumlah ini jauh dari yang dibutuhkan.

“Jumlah pengusaha tersebut dapat dilihat dari persentase masyarakat yang memiliki NPWP. Tidak lebih dari 1 persen jumlahnya,” papar Erry.

Sementara Rektor Universitas Paramadina Anies Rasyid Baswedan mengatakan, Indonesia dalam 5 tahun mendatang akan menjadi negara yang memegang peran penting ekonomi dunia. Untuk itu, generasi muda harus menyiapkan diri dengan berbagai keilmuan, termasuk integritas yang tinggi.

“Siapapun itu, harus memiliki integritas. Tanpa integritas, kita tidak akan mampu menjadi pemenang dalam menjalankan prekonomian dunia. Integritas juga bagian dari kepercayaan. Apa yang anda lakukan saat ini akan menentukan masa depan,” sebut Anies.

Dalam kesempatan yang sama, Pembina Yayasan Del Jenderal TNI (Purn) Luhut B Pandjaitan mengatakan, seperti lembaga pendidikan lainnya, IT Del juga memiliki peran sebagai supporter, driver, enabler dan peran yang paling penting adalah sebagai pemicu transformasi.

“Karena itu wisuda mahasiswa IT Del kali ini memilih tema Towards Noble Instituional Transformation. Dengan begitu, seluruh harapan kepada alumni IT Del sebagai generasi muda penerus bangsa, harus mampu menjawab tantangan teknilogi Informasi dan komuniksi,” jelas Luhut.

Dalam sidang terbuka wisuda mahasiswa tersebut, IT Del juga menandatangani kerjasama dengan Institut Teklogi Bandung (ITB) bidang IT. (BS-001)

Tag:Mahasiswa