Pendidikan

MAN 2 Model Medan Gelar Bimtek Penyusunan RPP Kurikulum Darurat, Mantapkan Pembelajaran Berbasis SKS


MAN 2 Model Medan Gelar Bimtek Penyusunan RPP Kurikulum Darurat, Mantapkan Pembelajaran Berbasis SKS
BERITASUMUT.COM/IST

Beritasumut.com-MAN 2 Model Medan merupakan madrasah di Kota Medan yang diproyeksikan sebagai piloting project dalam pelaksanaan pembelajaran Sistem Kredit Semester (SKS) di Sumatera Utara. Untuk memantapkan pembelajaran SKS itu, MAN 2 melaksanakan Bimbingan Teknis (bimtek) penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) kurikulum darurat pandemi covid-19 Angkatan I bagi guru-guru yang terlibat dalam penyelenggaraan pembelajaran SKS.

Kegiatan bimtek itu dilaksanakan di Ruang Guru MAN 2 Model pertengahan pekan ini. Sebelum bimtek dimulai, kegiatan itu dibuka secara formal oleh Kepala MAN 2 Model Medan Drs H Irwansyah MA.

Kepala MAN 2 Model Medan Drs H Irwansyah MA, dilansir dari Sumut.kemenag.go.id, Jumat (21/08/2020) menyampaikan terima kasih kepada bagian kurikulum madrasah yang telah berupaya untuk mewujudkan kesuksesan demi kelancaran pelaksanaan pembelajaran SKS. "Selain itu juga ucapan terima kasih setingi-tingginya kepada guru-guru yang terlibat dalam pelaksanaan pembelajaran SKS, dimulai dengan pembuatan Unit Kegiatan Belajar Mandiri (UKBM) sampai saat ini dimantapkan dengan bimtek penyusunan RPP kurikulum darurat pandemi covid-19 Angkatan I," ujarnya.

Irwansyah menilai, MAN 2 Model Medan telah siap dan sangat menyambut baik sistem pembelajaran dengan menggunakan Sistem Kredit Semester ini. "Melalui kegiatan bimtek ini diharapkan para guru dapat menyelesaikan penyusunan RPP kurikulum darurat covid-19 dengan baik. Selain itu diharapkan juga agar para guru dapat mengembangkannya dalam pembelajaran-pembelajaran daring untuk menggali potensi siswa MAN 2, walaupun pembelajaran tidak tatap muka,” tuturnya.

Sementara itu, Wakil Kepala Madrasah Bidang Kurikulum Darussalim SAg SPd MSi menyatakan pelaksanaan penyusunan RPP kurikulum darurat covid-19 ini, karena tim kurikulum sarana kelembagaan dan kesiswaan (KSKK) Kemenag Pusat pada tanggal 24-25 Agustus 2020 akan melakukan visitasi program madrasah SKS pada MAN 2.

“MAN 2 Model Medan telah mempersiapkan segala berkas demi terwujudnya pembelajaran SKS, salah satu berkas penting dalam pelaksanaan SKS adalah UKBM, saat ini UKBM telah siap cetak dan akan dibagikan kepada siswa kelas X, MAN 2 juga merupakan madrasah satu-satunya di Sumut yang telah menyiapkan UKBM tersebut sebelum dilaksanakannya visitasi, selain itu berkas yang penting juga adalah RPP darurat Covid-19, melalui bimtek ini, kami berharap RPP tersebut siap sebelum visitasi agar MAN 2 mendapatkan legalitas dari kemenag pusat dalam menerapkan pembelajaran SKS," tutup Salim. (BS09)


Tag:Kurikulum DaruratMAN MedanMAN2 ModelPembelajaran SKS