Pendidikan

Siswa MAN Karo Ikuti Kompetisi Sains Madrasah Online Tingkat Nasional


Siswa MAN Karo Ikuti Kompetisi Sains Madrasah Online Tingkat Nasional
BERITASUMUT.COM/IST

Beritasumut.com-Sebanyak 6 siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Kabupaten Karo mengikuti Kompetisi Sains Madrasah Online (KSMO) Tahun 2020. KSMO merupakan ajang berkompetisi dalam bidang sains yang diselenggarakan Kementerian Agama secara rutin setiap tahunnya. Kegiatan ini menjadi salah satu sarana bagi siswa untuk mengembangkan minat dan bakat pada bidang sains serta sekaligus membangun semangat kompetisi yang sehat.

Kepala MAN Karo Zulhamdi Nasution SAg MA, dilansir dari Sumut.kemenag.go.id, Kamis (12/11/2020) mengatakan, KSMO tahun ini dilaksanakan dengan model yang berbeda dengan pelaksanaan pada tahun sebelumnya yang menggunakan sistem berjenjang. "Mulai dari penyelenggaraan KSM tingkat satuan pendidikan, tingkat kabupaten, tingkat provinsi dan kemudian tingkat nasional," ungkapnya.

Namun mengingat saat ini Indonesia masih berada pada masa darurat Covid-19, lanjutnya, maka pelaksanaan KSM tahun ini digelar secara online. "KSM digelar dalam dua tahap yaitu pada tingkat satuan pendidikan dan nasional," sambungnya.

Untuk itu, Zulhamdi mengajak seluruh dewan guru untuk mendoakan siswa MAN Karo mendapatkan hasil terbaik dalam KSMO tahun ini. "Semoga siswa MAN Karo dapat tampil secara maksimal dan menoreh prestasi yang memuaskan", tutupnya.

Salah seorang siswa MAN Karo, Nurul Hidayah yang mengikuti KSMO pada Bidang Studi Ekonomi mengatakan, kegiatan ini menambah pengetahuan dan pengalaman tersendiri bagi dirinya. "Awalnya saat memulai mengklik soal saya merasa cemas dengan butiran soal-soal yang disajikan, namun setelah menyelesaikan beberapa soal, perasaan itu hilang. Semoga saya memperoleh hasil yang memuaskan," katanya.

Adapun enam siswa MAN Karo, yaitu RISKA ZAMARA Bidang Studi Matematika, NUSI VERA TRI AFRILA Bidang Studi Kimia, SETYO HARRY NOGROHO Bidang Studi Fisika, MEISYA RAMADITA BR SITEPU Bidang Studi Biologi, NURUL HIDAYAH Bidang Studi Ekonomi dan NATASYA SUPMA untuk Bidang Studi Geografi.

Kegiatan ini dilaksanakan dalam tiga gelombang. Gelombang pertama dari pukul 08.00-10.00 WIB untuk mapel Matematika dan Biologi, gelombang kedua jam 10.30-12.30 WIB untuk mapel Fisika dan Ekonomi, dan gelombang ketiga dari pukul 13.00-15.00 WIB untuk mapel Kimia dan Geografi. (BS09)


Tag:Info KemenagKSMO 2020Kompetisi SainsMAN KaroMadrasah