Pendidikan

Prodi Pendidikan Bahasa Jerman Unimed Undang Prof Dr Thomas Koehler di Pembelajaran Daring


Prodi Pendidikan Bahasa Jerman Unimed Undang Prof Dr Thomas Koehler di Pembelajaran Daring
BERITASUMUT.COM/IST

Beritasumut.com-Program Studi (Prodi) Pendidikan Bahasa Jerman, Fakultas Bahasa dan Seni (FBS), Universitas Negeri Medan (Unimed) mengadakan program Visiting Professor. Kegiatan belajar daring bertema “E-Lernen in Pandemiezeiten” ini mengundang narasumber lintas benua.

Seperti yang dilaksanakan pada pertengahan pekan ini, Prodi Pendidikan Bahasa Jerman FBS Unimed mengundang Direktur Pusat Media dan Profesor Teknologi Pendidikan di TU Dresiden, Prof Dr Thomas Koehler, melalui aplikasi Zoom Meeting.

Dilansir dari Unimed.ac.id, Minggu (24/01/2021), kegiatan Visiting Professor ini dibuka Dekan FBS Unimed Dr Abdurrahman Adisaputera MHum, dan dihadiri oleh para wakil Dekan FBS, Kajur Bahasa Asing, Kaprodi dan Dosen Pendidikan Bahasa Jerman, beserta mahasiswa baik dari dalam negeri maupun dari luar negeri.

Dekan FBS Unimed, Dr Abdurrahman Adisaputera MHum menyampaikan apresiasinya pada pembukaan kegiatan. “Kami sangat berterima kasih dan mengapresiasi kegiatan yang diadakan Program Studi Pendidikan Bahasa Jerman ini. Mudah-mudahan kita dapat masukan dari pengalaman khusus tentang pembelajaran pada saat pandemi ini walaupun melalui daring. Kita juga harapkan virtual ini ke depannya terus berlanjut dalam berkolaborasi dalam merealisasikan ilmu pengetahuan. Karena ini merupakan salah satu bentuk tridarma perguruan tinggi,” ujarnya.

Senada itu, Prof Dr Thomas Koehler mengatakan kondisi pembelajaran di sekolah, universitas, pelatihan di perusahaan dan pendidikan lanjutan juga berubah dengan cepat di Jerman. "Guru serta staf dalam administrasi pendidikan dihadapkan pada tantangan untuk menerapkan jenis teknologi pembelajaran baru secara komprehensif dalam pelatihan dan pendidikan lanjutan dan dalam administrasi pendidikan. Tidak hanya membiarkan penggunaannya dengan perlawanan, tetapi juga mempertimbangkannya secara visioner dan dengan berani mendukung mereka,” katanya.

Dijelaskannya, konsep media baru seperti BYOD (Bring Your Own Device) atau OER (Open Educational Resources) hanya mewakili ujung dari dinamika perkembangan yang relatif luas dalam konteks digitalisasi. "Pendidikan akan berubah atau sudah berubah," lanjutnya.

Dalam perkuliahan daring ini dibahas pertanyaan tentang inti pedagogis atau didaktik. "Yaitu bagaimana bekerja dengan materi pengajaran dan pembelajaran digital dan terbuka dapat diterjemahkan ke dalam kehidupan pendidikan sehari-hari dan bagaimana hal ini dapat digunakan untuk pencarian atau sifat organisasi,” tutup Prof Thomas Koehler. (BS09)


Tag:FBS UnimedProdi BahasaJermanVisiting Professor