Pendidikan

Pengabdian Masyarakat, Dosen UMN Bimbing Guru SD Buat Video Pembelajaran Interaktif Saat PJJ


Pengabdian Masyarakat, Dosen UMN Bimbing Guru SD Buat Video Pembelajaran Interaktif Saat PJJ
BERITASUMUT.COM/BS02

Beritasumut.com-Dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa dibutuhkan media pembelajaran yang relevan dengan kondisi dan situasi yang ada di lapangan. Terlebih di masa pandemi Covid-19 saat ini yang tidak memperkenankan proses belajar tatap muka. Tentunya akan sangat berdampak pada proses dan hasil belajar. Pembelajaran di lakukan secara daring (dalam jaringan), berarti proses belajar-mengajar ini dilakukan secara Jarak Jauh dengan memanfaatkan internet. Kondisi ini menuntut keahlian guru untuk lebih kreatif mendesain media belajar sehingga tujuan pembelajaran tercapai.

Hal ini diungkapkan Ketua Tim Pengabdian Dosen Universitas Muslim Nusantara (UMN) Al Washliyah Medan, Lia Afriyanti Nasution SPd MPd, kepada wartawan, Rabu (30/12/2020). Dosen Prodi Pendidikan Fisika ini menyebut, pembelajaran secara daring menurunkan semangat dan minat siswa Sekolah Dasar dalam belajar.

"Dikarenakan siswa tidak bertatap muka langsung dengan guru, sehingga membuat siswa bosan dan jenuh. Karenanya dibutuhkan penggunaan media pembelajaran yang menarik dan terkini untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa," ujarnya.

Mengatasi permasalahan tersebut, sambung Lia, Tim Dosen UMN telah melaksanakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di SD Negeri 064034, Jalan STM Ujung Suka Luhur No.13, Kecamatan Medan Johor, Kota Medan, pada Rabu (16/12/2020) lalu.

"Kegiatan pengabdian masyarakat ini juga bagian dari pelaksanaan fungsi Tri Dharma Perguruan Tinggi. Yang menjadi sasaran kegiatan PKM ini adalah guru-guru SD Negeri 064034 Medan Johor," sambungnya didampingi anggota Tim Dosen, Ratna Sari Dewi SE MSi dari Prodi Akuntansi.

Dijelaskannya, berdasarkan hasil observasi langsung terhadap tenaga pendidik diperoleh informasi bahwa ada beberapa kendala dalam proses kegiatan belajar mengajar daring. Salah satunya keterbatasan sarpras dan pengetahuan. "Situasi pembelajaran daring, guru SD Negeri 064034 Medan Johor masih jarang menggunakan media pembelajaran interaktif berbasis video. Hal ini dikarenakan kurangnya pemahaman tentang pembuatan media tersebut. Selama ini proses belajar menggunakan media grup WhatsApp,” jelas Lia.

Lia menyebut, dalam kegiatan ini para dosen UMN Al washliyah berkolaborasi dari multi disiplin ilmu untuk saling bekerjasama dan berkomitmen memberikan pelatihan pembuatan alat peraga lewat video pembelajaran kepada guru-guru SDN 064034. "Tujuan PKM ini untuk meningkatkan kreativitas guru membuat media pembelajaran daring yang menarik. Sehingga materi pembelajaran dapat dipahami dengan jelas oleh peserta didik. Semangat siswa saat belajar daring juga meningkat," harapnya.

Hadir dalam kegiatan itu Kepala UPT SD Negeri 064034 Medan, Muhammad Yani Nasution SPd MSi, para guru dan Tim Dosen UMN. (BS02)


Tag:Dosen UMNpengabdian masyarakatSDN 064034Universitas MuslimNusantaraVideo Pembelajaran