Pendidikan

MTs Persiapan Negeri 4 Medan Terima Kunjungan Dinas Lingkungan Hidup, Siap Jadi Sekolah Adiwiyata


MTs Persiapan Negeri 4 Medan Terima Kunjungan Dinas Lingkungan Hidup, Siap Jadi Sekolah Adiwiyata
BERITASUMUT.COM/IST

Beritasumut.com-Madrasah Tsanawiyah Persiapan Negeri (MTs-PN) 4 Medan menerima kunjungan Kepala Dinas Lingkungan Hidup, diwakili Nova Dwiyana didampingi Pegiat Lingkungan Hidup Paris Sembiring dan Kasi Pendidikan Madrasah Kemenag Kota Medan Yose Rizal SAg MM, pada Kamis (07/01/2020).

Mewakili Kadis DLH Nova Dwiyana mengatakan, tujuan dari kunjungan ini merupakan sosialisasi tentang Gerakan Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup yang merupakan program dari Dinas Lingkungan Hidup ke sekolah/madrasah. Dinas Lingkungan Hidup dalam kunjungannya menyampaikan beberapa hal yang perlu dipersiapkan sebagai langkah untuk mendapat Adiwiyata di madrasah, khususnya di MTsPN 4 Medan ini.

"Adapun kriteria yang harus dipenuhi antara lain, sanitasi dan kebersihan seperti saluran air, toilet dan parit. {engelolaan sampah, seperti mengurangi sampah, mengumpulkan kembali dan mendaur ulang, penghijauan seperti pembuatan bibit, upaya terkait konservasi air, upaya terkait konservasi energi dan motivasi lajn terkait ramah lingkungan," ujar Kadis DLH melalui Nova Dwiyana, dilansir dari Sumut.kemenag.go.id, Jumat (08/01/2021).

Kadis DLH juga berpesan, madrasah perlu menambah pohon pelindung dan kotak sampah organik dan nor organik yang sudah ada, dan hal-hal lainnya yang hanya perlu sedikit pembenahan.

Kepala MTs Persiapan Negeri 4 Medan, Syarifudin SPdI MA, menyampaikan bahwa suatu kebanggaan tersendiri bagi madrasah sudah bisa ikut berpartisipasi dalam penilaian Adiwiyata tingkat sekolah ini, walau ini untuk permulaan tapi banyak keuntungan yang didapat madrasah. "Ajang ini dapat memotivasi madrasah untuk senantiasa dapat menjaga kebersihan dan kenyamanan sebagai tempat diadakannya Kegiatan Belajar Mengajar," ujarnya.

Syarifuddin menyebut, kemenangan bukan tujuan utama karena keikutsertaan dalam penilaian Adiwiyata. "Ajang ini merupakan partisipasi yang patut dibanggakan sebagai bahan perbaikan untuk madrasah agar senantiasa berbenah diri dalam menjaga kebersihan lingkungan madrasah,“ tambahnya.

Sementera itu Kasi Penmad Kemenag Kota medan Yose Rizal sangat mendukung MTsPN Medan sebagai madrasah/sekolah calon peraih adiwiyata. "Madrasah harus terus berbenah agar dapat meraih prestasi terbaik," pesannya. (BS09)


Tag:Dinas LingkunganhidupInfo KemenagKanKemenag MedanMTsPN4 MedanSekolah Adiwiyata