Pendidikan

MTQN Sumbar 2020, Pengambilan Maqra Dilakukan Daring


MTQN Sumbar 2020, Pengambilan Maqra Dilakukan Daring
BERITASUMUT.COM/IST

Beritasumut.com-Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Nasional ke-28 mulai berlangsung di Kota Padang, provinsi Sumatera Barat, sejak 12-21 November 2020. Untuk pertama kalinya, MTQ Nasional digelar di tengah pandemi.

Panitia MTQ Nasional ke-28 pun melakukan berbagai penyesuaian guna menerapkan protokol kesehatan. Salah satunya adalah proses pengambilan Maqra dalam MTQ Nasional ke-28 yang dilakukan secara daring. Maqra adalah soal atau daftar ayat yang nantinya akan dibaca oleh peserta.

Panitia MTQN ke-28 Ali Sibromalisi, dilansir dari Kemenag.go.id, Jumat (13/11/2020) menyampaikan, pengambilan maqra secara daring merupakan salah satu inovasi yang dilakukan untuk memenuhi anjuran jaga jarak guna mencegah penyebaran Covid-19. “Kami berharap ada peningkatan kualitas. Kita menghadirkan beberapa inovasi pada penyelenggaraan MTQ Nasional ke-28 yang dilaksanakan di tengah pandemi, di mana kita harus menjaga jarak. Salah satunya pengambilan Maqra secara daring,” ujarnya.

Ali menambahkan, pengambilan maqra secara daring dilakukan 16 jam sebelum peserta tampil. Ini berbeda dengan kebiasaan MTQ Nasional sebelumnya di mana pengambilan Maqra dilakukan dengan pertemuan panitera dan perwakilan kafilah. "Untuk pengambilan Maqra yang dilakukan 16 jam sebelum tampil seperti pada cabang Tilawah Anak-anak dan lainnya dilakukan secara daring. Biasanya dilakukan pertemuan atara panitera dan perwakilan Kafilah," lanjut Ali.

Selain pengambilan Maqra yang dilakukan secara daring, Panitia MTQN ke-28 juga menggunakan teknologi pindai sidik jari saat daftar ulang. "Pindai sidik jari inilah yang akan digunakan sebagai bahan verifikasi saat peserta tampil bermusabaqah," pungkasnya. (BS09)


Tag:Info KemenagMTQ 2020MTQN SumbarPadangSumatera Barat