Pendidikan

Kepala KanKemenag Asahan Dr H Hayatsyah MPd Salurkan Beasiswa Baznas untuk 1.536 Siswa Madrasah


Kepala KanKemenag Asahan Dr H Hayatsyah MPd Salurkan Beasiswa Baznas untuk 1.536 Siswa Madrasah
BERITASUMUT.COM/IST

Beritasumut.com-Kepala Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kabupaten Asahan, Dr H Hayatsyah MPd, didampingi Kasi Pendidikan Madrasah Suwastati Sagala MSi dan Pengurus Baznas Kabupaten Asahan menyalurkan bantuan beasiswa kepada 1.536 siswa madrasah di Kabupaten Asahan bertempat di MTsN 2 Asahan, pertengahan pekan ini.

Hayatsyah mengatakan, Baznas Kabupaten Asahan kali ini menyalurkan bantuan beasiswa kepada 692 orang siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI), 444 orang siswa Madrasah Tsanawiyah (MTs), dan 400 orang siswa Madrasah Aliyah (MA) di lingkungan Kabupaten Asahan.

"Bantuan beasiswa tersebut diberikan kepada para siswa dalam bentuk uang tunai, untuk siswa MI sebesar Rp.300.000. untuk siswa MTs Rp. 400.000, dan untuk siswa MA Rp. 500.000. Jumlah total beasiswa yang disalurkan sebesar Rp. 2.385.200.000,- (dua milyar tiga ratus delapan puluh lima juta dua ratus ribu rupiah)," ujar Kepala Kankemenag Asahan, Dr H Hayatsyah MPd, dilansir dari Sumut.kemenag.go.id, Sabtu (05/12/2020).

Hayatsyah menegaskan, verifikasi siswa yang mendapatkan bantuan beasiswa ini diserahkan sepenuhnya ke pihak madrasah masing-masing sehingga bantuan tersebut benar-benar tepat sasaran. "Bantuan beasiswa untuk siswa madrasah yang disalurkan oleh Baznas dan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Asahan merupakan program kegiatan mendukung peningkatan dan pemerataan pendidikan bagi pelajar dari keluarga yang kurang mampu. Khususnya di tengah pandemi Covid 19, yang secara nyata menurunkan ekonomi dan pendapatan masyarakat," jelasnya.

Dia menyebut, Kemenag berupaya dan mendorong agar para siswa maupun pelajar madrasah dari keluarga kurang mampu harus tetap mengikuti pendidikan formal sebagaimana mestinya. Untuk itu, dia menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada pengurus Baznas Kabupaten Asahan atas kinerja dan programnya. "Semakin dirasakan masyarakat muslim, utamanya manfaat keberadaannya dalam meningkat kesejahteraan umat," pesannya.

Beliau juga mengajak para ASN Kemenag dan Pemerintah Kabupaten Asahan serta para aghniya muslim Kabupaten Asahan untuk dapat menyalurkan Zakat, Infaq dan Shadaqahnya melalui Baznas Kabupaten Asahan. (BS09)


Tag:Beasiswa BaznasInfo KemenagKanKemenag AsahanPemkab AsahanSiswa Madrasah