Pendidikan

Guru Wajib Kenali Gaya Belajar Siswa, Dosen Universitas Muslim Nusantara Sosialisasi di SMP An Nizam Medan


Guru Wajib Kenali Gaya Belajar Siswa, Dosen Universitas Muslim Nusantara Sosialisasi di SMP An Nizam Medan
BERITASUMUT.COM/BS02

Beritasumut.com-Gaya belajar merupakan bagaimana seseorang menyerap, mengatur dan mengolah informasi yang diterima dengan lebih mudah. Baik itu melalui cara melihat (visual), mendengar (auditori), atau gerakan/praktik (kinestetik). Oleh karena itu, siswa perlu untuk mengenal gaya belajar yang dimiliki agar mudah dalam menerima informasi dan dapat meningkatkan prestasi siswa.

Demikian ungkap Ketua Tim Dosen Universitas Muslim Nusantara (UMN) Al Washliyah Medan, Shavreni Oktadi Putri SPsi MPsi kepada wartawan, Rabu (30/12/2020). Menurutnya, mengenali gaya belajar siswa sangat membantu untuk meningkatkan pemahaman siswa dalam menerima materi pembelajaran. "Apalagi di abad-21 saat ini, kemampuan siswa dituntut untuk dapat berpikir kritis, kreatif, dan inovatif sehingga dibutuhkan metode dan gaya belajar yang tepat," ujarnya.

Tertarik dengan permasalahan ini, Shavreni selaku Ketua Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM0 Dosen UMN Al-Washliyah menyajikan materi "Sosialisasi Pengenalan Gaya Belajar Siswa" untuk guru-guru SMP Swasta An Nizam, Kota Medan. "Kegiatan pengabdian ini telah berlangsung pada Senin (07/12/2020) lalu di SMP Swasta An Nizam," imbuhnya didampingi anggota Tim Dosen Juli Yanti Harahap SPsi MPsi.

Senada itu, Juli Yanti Harahap SPsi MPsi menambahkan bahwa dalam kegiatan ini, para guru juga dilatih bagaimana mengenali jenis gaya belajar pada siswa. "Hal ini dilakukan dengan harapan nantinya para guru dapat menerapkan metode belajar yang sesuai dengan gaya belajar siswa (visual, auditori, atau kinestetik). Para guru sebagai peserta sangat antusias dalam mengikuti kegiatan ini. Terlihat ketika dalam sesi diskusi yang begitu dinamis dan aktif dari para guru baik saat mengajukan pertanyaan maupun memberikan masukan," ungkapnya.

Kepala SMP An Nizam Medan, Robin Ginting MPd sangat mengapresiasi PKM dari UMN ini. Menurutnya, kegiatan ini membuka cakrawala guru-guru sehingga menghasilkan banyak saran konstruktif demi kemajuan pendidikan di masa mendatang. “Kegiatan pengabdian masyarakat oleh dosen UMN Al Washliyah ini sangat positif dan bermanfaat bagi guru-guru SMP An Nizam. Sehingga perlu untuk terus dilakukan kerjasama ke depannya,” katanya. (BS02)


Tag:Dosen UMNGaya Belajarpengabdian masyarakatSMP AnNizamUniversitas MuslimNusantara