Pendidikan

Dosen PGSD UMN Al Washliyah Gelar Workshop Asesmen Alternatif Berbasis Budaya di SD Negeri 064034 Medan


Dosen PGSD UMN Al Washliyah Gelar Workshop Asesmen Alternatif Berbasis Budaya di SD Negeri 064034 Medan
BERITASUMUT.COM/BS02

Beritasumut.com-Salah satu misi Program Studi PGSD Universitas Muslim Nusantara (UMN) Al Washliyah adalah melaksanakan Pengabdian Kepada Masyarakat dengan menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang inovatif dan bersifat islami di bidang pendidikan dasar.

Wujud nyata misi tersebut diimplementasikan melalui kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM), yang dilaksanakan berkolaborasi antara dosen dan mahasiswa.

Ketua Pelaksana Pengabdian, Dra Sukmawarti MPd, didampingi anggota Drs Hidayat MEd, dan mahasiswa PGSD Lili Amelia Putri, mengatakan workshop ini merupakan implementasi dari hasil penelitian yang telah dikembangkannya, yakni etnoasesmen pada pembelajaran matematika di Sekolah Dasar.

“Etnoasesmen ini merupakan model asesmen alternatif matematika berbasis budaya, yang mengukur pencapaian pengetahuan dan keterampilan secara utuh dan terpadu dengan kompetensi sikap pada pembelajaran matematika, dengan mengadopsi nilai-nilai budaya. Workshop diikuti sangat antusias oleh 14 guru kelas UPT SD Negeri 064034 Medan," ujarnya kepada wartawan, Selasa (29/12/2020).

Sukmawarti menjelaskan, asesmen ini cenderung fokus pada kinerja, memungkinkan siswa menunjukkan kompetensi kontekstual yang kompleks. "Sehingga asesmen alternatif ini memiliki relevansi kuat terhadap pendekatan ilmiah dalam pembelajaran sesuai dengan tuntutan Kurikulum 2013,” jelas Ketua Tim Dosen UMN ini.

Dia menyebut, kegiatan yang telah dilaksanakan di UPT SD Negeri 064034 Medan, pada Rabu (16/12/2020) ini terlaksana berkat dukungan dana dari Rektor UMN Al Washliyah melalui LP2M UMN Al Washliyah.

"Pengabdian kali ini berbentuk workshop, sebagai tindak lanjut terhadap kerjasama yang terbentuk antara Prodi PGSD UMN Al Washliyah dengan UPT SD Negeri 064034 Medan. Workshop ini kami lakukan dalam 3 tahap, yaitu tutorial, pelatihan, dan peer demontration," tuturnya.

Senada itu, Kepala UPT SD Negeri 064034 Medan, Muhammad Yani Nasution SPd MSi, mengapresiasi pelaksanaan workshop Etnoasesmen dari Tim Dosen UMN, serta mendukung penerapannya di sekolah ini.

“Mengaitkan budaya dalam penilaian merupakan salah satu cara pengembangan karakter, sebagaimana visi SD Negeri 064034 Medan, menjadi unggul dalam prestasi, pembentukan karakter siswa berdasarkan IMTAK dan IPTEK. Kami berharap, Prodi PGSD UMN Al Washliyah dapat mendampingi kami dalam meningkatkan kualitas pembelajaran,” pungkasnya. (BS02)


Tag:Dosen UMNPGSD UMNpengabdian masyarakatSDN 064034Universitas MuslimNusantaraWorkshop Etnoasesmen