Pendidikan

Dampingi Guru Kreatif dan Mandiri, Dr Firmansyah MSi Pimpin Pengabdian Pendidikan Vokasi di SMK SWASTA Al Washliyah 3 Medan


Dampingi Guru Kreatif dan Mandiri, Dr Firmansyah MSi Pimpin Pengabdian Pendidikan Vokasi di SMK SWASTA Al Washliyah 3 Medan
BERITASUMUT.COM/BS02

Beritasumut.com-Implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi, Tim Dosen Universitas Muslim Nusantara (UMN) Al Washliyah Medan melaksanakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM). Kegiatan yang dilaksanakan setiap tahunnya ini senantiasa berfokus kepada kebutuhan masyarakat. Salah satunya menyasar ke satuan pendidikan binaan Al Washliyah, yakni SMK Swasta Al Washliyah 3 Kota Medan yang berada di Jalan Garu II No.2, Kelurahan Harjosari I, Kecamatan Medan Amplas, pada Selasa (22/12/2020) lalu.

Ketua Tim Dosen UMN, Dr Firmansyah MSi, kepada wartawan, Senin (28/12/2020) mengatakan bahwa masa pandemi adalah masa baru buat para pendidik dan peserta didik untuk melakukan pembelajaran. "Karena itu guru dituntut untuk mampu menghasilkan aktivitas pembelajaran yang menarik dan menyenangkan," ujarnya didampingi anggota Tim Dosen, Asnarni Lubis SPd MPd.

Karenanya, Firmansyah menegaskan guru harus mampu menciptakan suasana pembelajaran, terutama kematangan dalam kegiatan vokasi dalam bentuk apa saja. "Guru harus mampu kreatif dan mandiri mendesain aktivitas belajar. Karena ke depannya, kita harus menghasilkan lulusan SMK yang produktif, sehingga tujuan vokasi tercapai, yaitu Saya Bisa Apa? dan Saya Mampu Apa?," jelasnya.

Dia juga mengimbau kepada guru-guru SMK Swasta Al Washliyah 3 untuk mampu memberikan permasalahan yang tepat untuk diselesaikan peserta didik. Bukan hanya mengandalkan guru, namun juga mengundang praktisi yang sesuai dengan bidangnya sebagai narasumber belajar. "Guru harus mampu meningkatkan soft skill dan hard skill peserta didik. Sehingga peserta didik bukan hanya mampu bekerja dimana saja, namun juga mampu menjadi Start Up dan Entrepreneur yang membuka lapangan kewirausahaan untuk lingkungan sekitarnya," harapnya.

Pendampingan guru dilanjutkan oleh anggota Tim Asnarni Lubis SPd MPd, yang meminta SMK Swasta 3 Al Washliyah mampu menciptakan ciri khas aktivitas dan lulusannya. Beliau menyarankan untuk tetap memasukkan kebudayaan di provinsi Sumatera Utara dalam setiap pemecahan masalah yang akan diselesaikan. Misalnya memproduksi makanan khas Sumatera Utara (7 Budaya dan cross culture) yang ada, bahkan yang hampir punah, sehingga guru mampu mendesain pembelajaran yang berkarakter budaya.

Kehadiran Tim Dosen disambut hangat oleh Kepala SMK Swasta Al Washliyah 3 Medan, Bambang Hermanto SPd, diwakili Wakil Kepala SMK Purnomo SPd. "Kegiatan ini memberikan semangat baru dan kepercayaan bahwa SMK kami mampu berkembang. Di tahun ajaran baru nanti, SMK Swasta Al Washliyah 3 akan membuka 1 jurusan baru yaitu TKJ. Pendampingan dari Tim Dosen UMN ini akan membangkitkan aktivitas belajar para siswa," ungkapnya didampingi Guru Kesenian Bambang Parikesit dan Operator Sekolah Cipto Salamullah Nasution.

Senada itu, Guru Kesenian SMK Al Washliyah 3 Medan Bambang Parikesit mengatakan kegiatan seni yang dilakukan sudah memberikan bisnis untuk peserta didik. "Siswa sudah bisa menghasilkan produk dari menjahit dan memproduksi alat-alat tari," ungkapnya sembari berharap di setiap tiap tahunnya terlaksana kegiatan PKM ini.

"Pengabdian ini membuka cakrawala guru untuk selalu mendorong lahirnya siswa yang kreatif dan mandiri," harap Bambang. Kegiatan vokasi Tim Dosen UMN berjalan lancar dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan 3M (Mencuci tangan dengan sabun, Menggunakan Masker dan Menghindari Kerumunan). (BS02)


Tag:Dosen UMNpendidikan vokasipengabdian masyarakatSMK AlWashliyahUniversitas MuslimNusantara