Pendidikan

Bantu Siswa Belajar dari Ponsel di Masa Pandemi, Tim Dosen UMN Sosialisasi Media Appsgeyser untuk Guru SMK Al Washliyah 4 Medan


Bantu Siswa Belajar dari Ponsel di Masa Pandemi, Tim Dosen UMN Sosialisasi Media Appsgeyser untuk Guru SMK Al Washliyah 4 Medan
BERITASUMUT.COM/BS02

Beritasumut.com-Dosen Universitas Muslim Nusantara (UMN) Al Washliyah Medan kembali melaksanakan salah satu fungsi Tri Dharma Perguruan Tinggi, yakni program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) untuk Tahun Akademik 2020-2021. Kegiatan ini dilaksanakan di berbagai daerah di provinsi Sumatera Utara.

Salah satu lokasi pengabdian bertempat SMK Al Washliyah 4 Medan. Di sekolah yang menerapkan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) ini, Tim Dosen UMN diketuai Putri Juwita SPd MPd, didampingi Tiflatul Husna SPd MPd selaku anggota, telah melaksanakan PKM pada Sabtu (12/12/2020) lalu.

PKM bertajuk "Sosialisasi Media Appsgeyser untuk Meningkatkan Pembelajaran di Masa Pandemi" ini menjelaskan tentang pengenalan sebuah aplikasi bernama Appsgeyser yang dapat diunduh di ponsel Android/Smartphone, serta keuntungan menggunakan aplikasi tersebut sebagai media pembelajaran.

"Masa pandemi Covid-19 membuat guru dan siswa sulit bertatap muka. Karenanya untuk mencapai hasil pembelajaran yang maksimal, dibutuhkan media pembelajaran yang atraktif dan mudah digunakan oleh siswa. Karena itu, kami mengenalkan sebuah metode dan perangkat pembelajaran yang membuat proses belajar menjadi aktif, kreatif dan menyenangkan," ujar Ketua Tim Dosen UMN, Putri Juwita SPd MPd, kepada wartawan, Senin (28/12/2020).

Putri menyebut, meski saat ini sedang berlangsung Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang tidak memungkinkan proses belajar tatap muka, namun tak menghalangi pendidik dan peserta didik dalam menuntut ilmu. "Di era modern ini, guru dan siswa bisa tetap belajar dengan memanfaatkan teknologi yang tersedia di ponsel. Aplikasi Appsgeyser ini dapat menjadi media pembelajaran yang sangat mudah diakses dan digunakan selama PJJ," jelasnya.

Senada itu, Kepala SMK Al Washliyah 4 Medan, Iman Siregar SPd mengucapkan terima kasih atas sosialisasi dalam rangka meningkatkan kompetensi guru ini. Dia berharap kerjasama yang terjalin dapat ditingkatkan di masa yang akan datang. "Kami sangat antusias dengan adanya kegiatan PKM ini. Kami berharap dengan adanya sosialisasi media pembelajaran ini, para guru dapat menerapkannya dalam kegiatan pembelajaran, sekaligus terjadi pertukaran gagasan untuk kemajuan anak didik," pungkasnya.

Kegiatan sosialisasi ini dilaksanakan dengan tetap mengikuti protokol kesehatan yaitu mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak. (BS02)


Tag:AppsgeyserCOVID 19COVID-19Dosen UMNMedia Pembelajaranpengabdian masyarakatSMK AlWashliyah4Universitas MuslimNusantara