Kesehatan

Komnas KIPI Soroti Reaksi Masyarakat Usai Divaksinasi COVID-19, Kebanyakan Hanya Pegal, Lapar, dan Ngantuk


Komnas KIPI Soroti Reaksi Masyarakat Usai Divaksinasi COVID-19, Kebanyakan Hanya Pegal, Lapar, dan Ngantuk
BERITASUMUT.COM/IST

Beritasumut.com-Komisi Nasional Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (Komnas KIPI) terus memantau pelaksanaan program vaksinasi COVID-19, termasuk mendengarkan laporan masyarakat.

Ketua Komnas KIPI, Prof. DR Dr Hindra Irawan Satari SpA(K) MTropPaed, dilansir dari Covid19.go.id, Sabtu (23/01/2021) mengatakan, terhitung hingga Rabu (20/01/2021), ada 30 laporan KIPI yang bersifat ringan. "Tidak ada reaksi serius yang memerlukan perawatan intensif setelah tenaga kesehatan (nakes) mendapat vaksin COVID-19 pertama kali," ujarnya.

Ketua Komnas KIPI menambahkan, dari laporan KIPI yang masuk, semua bersifat ringan dan sesuai dengan yang dilaporkan jurnal-jurnal. "Dan di tempat lain, semua kondisinya sehat. Jadi, tidak ada yang memerlukan perhatian khusus sampai saat ini,” tegasnya.

Senada itu, salah seorang Dokter dan Tim Penanganan COVID-19 yang telah menerima vaksinasi COVID-19 dosis pertama, dr Muhammad Fajri Adda’i, mengatakan dirinya tidak merasakan reaksi yang tidak wajar. "Tidak sakit saat disuntik dan sampai sekarang juga terasa normal-normal saja. Tenaga kesehatan yang lain ada yang mengalami demam, nyeri, lemas, ada yang jadi merasa lapar terus, hingga ngantuk. Reaksi ini wajar dan masuk dalam kategori ringan," katanya.

Dia berharap, melalui program Vaksinasi dan disiplin protokol kesehatan, dapat menjadi kombinasi tepat untuk melindungi masyarakat dan melindungi negeri. (BS09)


Tag:COVID 19COVID-19Komnas KIPIVaksin CoronaVaksin Covid19Vaksin Sinovac