Ekonomi

Sinergi GPEI Sumut dan Pelindo 1 Dongkrak Ekspor di Sumut, Dukung Sekolah Ekspor


Sinergi GPEI Sumut dan Pelindo 1 Dongkrak Ekspor di Sumut, Dukung Sekolah Ekspor
beritasumut.com/ist

Beritasumut.com-Gabungan Perusahaan Ekspor Indonesia (GPEI) Sumatera Utara (Sumut) bersinergi dengan PT Pelindo I Cabang Belawan Sumatera Utara untuk menggali potensi ekspor di Sumut. Hal ini terungkap dalam kunjungan GPEI Sumut ke Pelindo 1, Senin (25/01/2021)


"Kunjungan pertama di tahun 2021 ini untuk untuk membahas tentang membuka Sekolah Ekspor dan merancang Market Place Digital. Tentun untuk mempromosikan produk-produk barang ekspor yang ada di Sumut," kata Ketua GPEI Sumut Drs Hendrik H Sitompul MM, didampingi Wakil Ketua GPEI Sumut Condrad Naibaho, Job Purba dan Donsisko Perangin angin. Kunjungan tersebut diterima General Manager PT Pelindo 1 Yarham Harid.

“Awalnya sudah berbicara dengan Kadis Perindag bahwa ada program 2021 yaitu, GPEI Sumut akan membuka sekolah ekspor dan membuat Market Place tujuannya memberi pengetahuan kepada pemilik barang menengah ke bawah, yang berkeinginan melakukan ekspor barang, supaya pemilik barang tau prosesnya bagaimana dan produk-produk barang akan dibuat ke market place. GPEI Sumut akan melakukan pendampingan sampai bisa melakukan ekspor. Kami juga berharap Pelindo Cabang Belawan mendukung akan ada kunjungan Study, dan berharap biaya ekspor tidak terlalu tinggi,” kata Hendrik.

Dalam kesempatan itu, GM Pelindo 1 Cabang Belawan Yarham, mengatakan, mendukung rencana membuka Sekolah Ekspor, siap menerima kunjungan study, dan siap sebagai narasumber. “Kami berharap adanya sinergitas dengan GPEI Sumut untuk menggali potensi ekspor di Sumut,” pungkas Yarham.

BICT Belawan Siap Bersinergi

Usai berkunjung ke PT Pelindo I Cabang Belawan, Gabungan Perusahaan Ekspor Indonesia (GPEI) Sumatera Utara (Sumut) berkunjung ke PT Pelindo I Kantor Cabang Belawan International Container Terminal (BICT) Sumatera Utara, Senin (25/1/2021).

GPEI Sumut yang dipimpin Drs Hendrik H Sitompul MM menyampaikan sejumlah program diantaranya, membuka sekolah ekspor, merancang market place digital untuk menggali dan mempromosikan potensi ekspor di Sumut. “Bahwa di Sumut ini, banyak eksport importir barang tidak mengetahui proses logistik, yang dilakukan terhadap barang mereka. Karena terkesan, mereka hanya menitipkan barangnya kepada pengusaha-pengusaha ekspedisi maupun juga kepada jasa perusahaan ekspor, ” tegas Hendrik Sitompul, yang saat itu didampingi Wakil Ketua GPEI Sumut Condrad Naibaho, Job Purba dan Donsisko Perangin angin.

Lebih jauh kata Hendrik, hal itu menunjukkan, tidak transparan kepada pemilik barang apa yang mereka sudah lakukan. “Ini yang ujung-ujungnya berdampak kepada, cost logistic yang sangat tinggi dirasakan pemilik barang. Akhirnya para pemilik barang enggan melakukan ekspor, ” kata Hendrik.

“Yang kami lakukan pertama adalah melakukan pemetaan kembali pemilik barang, bekerjasama dengan Disperindag Pemerintah dan Kabupaten Kota, mendata berapa pemilik barang yang sebenarnya layak untuk ekspor. Disperindag juga sudah menurunkan 30 orang relawannya ke daerah-daerah untuk membina pendampingan kepada para ekspor,” lanjutnya.

Ke depan, lanjut Hendrik, GPEI akan mendampingi pemilik barang agar mendorong mereka untuk ekspor. Selanjutnya, GPEI akan membuka sekolah ekspor, untuk mengedukasi para pemilik barang.

GM BICT Pelindo I Belawan Indra P melalui Deputi Ridwan didampingi Manager Operasi Barman, mengatakan, siap membantu, mendukung rencana membuka sekolah ekspor. Serta siap menerima kunjungan study nantinya. “Kami juga berharap, adanya sinergitas dengan GPEI Sumut untuk menggali potensi ekspor di Sumut,” kata GM BICT Pelindo 1 melalui Deputi BICT Ridwan.(rel)


Tag:Ekspor SumutGPEIGPEI SumutPelabuhan BelawanPelindo 1sekolah ekspor