Ekonomi

Pulihkan Ekonomi, Kadin Sumut Berharap Pemerintah Lebih Aktif dalam Penanganan Covid-19


Pulihkan Ekonomi, Kadin Sumut Berharap Pemerintah Lebih Aktif dalam Penanganan Covid-19
beritasumut.com/BS10

Beritasumut.com-Kamar Dagang dan Indonesia (Kadin) Sumatera Utara (Sumut) berharap pemerintah lebih aktif dalam berbagai kerjasama internasional dalam penanganan Covid-19. Hal ini dimaksudkan sebagai upaya percepatan pemulihan ekonomi yang terimbas akibat wabah pandemi Covid-19.

Hal ini diungkapkan Direktur Eksekutif Kadin Sumut Hendra Utama pada kegiatan Sosialisasi Pelatihan UKM Bidang Ekspor, di Medan, Selasa (24/11/2020). "Kadin juga mendorong pemerintah menyelesaikan perjanjian-perjanjian perdagangan bebas dengan negara-negara lain, sehingga diharapkan kegiatan ekspor-impor semakin terbuka," ujar Hendra, dalam kegiatan yang menghadirkan pembicara lain Kepala Bidang Fasilitas Kepabeanan dan Cukai Deny Sudrajat dan Kepala Bidang Perdagangan Luar Negeri Disperindag Sumut Parlindungan Lubis tersebut.

Dalam kesempatan itu, Hendra juga menyampaikan apresiasi Kadin Sumut terhadap langkah pemerintah mempermudah impor bahan pangan seperti bawang putih dan bombay yang membebaskan syarat persetujuan impor dari pemerintah. Menurutnya, hal ini diperlukan agar negara lebih fleksibel untuk memenuhi kebutuhan domestik.

Sementara itu, Arman Chandra, selaku Komite Pengembangan Keanggotaan Kadin Sumut yang hadir dalam kesempatan tersebut, mengatakan, kebijakan strategis yang harus dilakukan oleh Disperindag di masa pandemi COVID-19, diantaranya realokasi dan refocussing anggaran. "Hal ini dilakukan di antaranya melalui program bantuan untuk Pasar Rakyat dalam menangani dampak COVID-19. Kemudian target mendorong ekspor tetap dilakukan untuk memanfaatkan potensi permintaan yang ada saat pandemi ini, seperti produk makanan dan alat-alat kesehatan bila kebutuhan dalam negeri telah terpenuhi. Sementara itu, untuk mendukung fasilitasi ekspor di masa pandemi, salah satunya dengan memfasilitasi kegiatan business matching secara virtual," ujarnya.(BS10)


Tag:Arman ChandraKadinKadin Sumutpemulihan ekonomiSosialisasi Ekspor