Ekonomi

Pertama, Pabrik Tempe Indonesia Diresmikan di Shanghai


Pertama, Pabrik Tempe Indonesia Diresmikan di Shanghai
beritasumut.com/ist

Beritasumut.com-Bertempat di kawasan industri food processing di Songjiang district, Shanghai, Duta Besar RI untuk RRT dan Mongolia Djauhari Oratmangun bersama Konjen RI Shanghai, Deny W Kurnia, didampingi CEO Seastar Foods Co.,Ltd, Venny Hariyanti dan CEO PT Kapal Api, Indra Boedijono, pada tanggal 19 Januari 2021, meresmikan berdirinya pabrik Tempe Indonesia pertama di Tiongkok yang berada di kota Shanghai. Produk industri tempe pertama ini dinamakan “RUSTO TEMPEH”.

Inisiasi pendirian pabrik tempe Indonesia ini selain melihat adanya kebutuhan masyarakat Indonesia di Tiongkok yang cukup besar untuk mendapatkan produk makanan tempe segar Indonesia, juga ditujukan untuk mempromosikan tempe sebagai salah satu icon penting produk makanan Indonesia ke masyarakat Tiongkok.

Tempe sendiri saat ini sudah banyak diperjual belikan di pasar trading online Tiongkok seperti Taobao " Alibaba.com di mana terdapat IDN Shop Indonesia yang menjual berbagai produk makanan Indonesia, namun masih dalam jumlah yang sangat terbatas dan hanya dikenal oleh kalangan penggemar makanan tempe asal Indonesia yang merantau hidup di Tiongkok.

Dubes RI dalam sambutannya membuka peresmian pabrik tempe “Seastar Foods Co.,Ltd” menyampaikan apresiasi dan rasa bangga
kepada pihak pimpinan perusahaan dan timnya yang sudah berhasil membuka jalan dalam mempromosikan tempe makanan khas Indonesia di pasar Tiongkok melalui Shanghai. Digarisbawahi oleh Dubes RI bahwa keberadaan pabrik tempe di Tiongkok ini menunjukkan bahwa kecintaan anak bangsa untuk mempromosikan kuliner Indonesia melalui tempe sebagai wujud nyata tidak saja diplomasi ekonomi Indonesia di Tiongkok, juga menjadi tools dalam diplomasi kuliner Indonesia memasuki pasar kuliner Tiongkok yang begitu besar dan terbesar di dunia saat ini.

Dubes RI menyampaikan doa dan harapannya bahwa dengan hadirnya pabrik tempe Indonesia di kota Shanghai, diharapkan
menjadi salah satu foot print kuliner Indonesia di pasar Tiongkok. Untuk itu, Bpk. Dubes RI mengharapkan dukungan besar dari
seluruh masyarakat Indonesia di Shanghai, baik dari KJRI, para pengusaha dan perwakilan persusahaan Indonesia di Shanghai,
para pelajar dan mahasiswa Indonesia di Shanghai dan juga Tiongkok (PPPIT), serta seluruh kalangan diaspora pemerhati
Indonesia yang menjadi roda pendorong dalam mempromosikan tempe di kalangan masyarakat Tiongkok.

Turut hadir dalam acara peresmian tersebut, Wakil Dubes RI Beijing, President dan Chairman Indonesia Chamber of Commerce in China Region (INACHAM), VP Bank Mandiri Shanghai, Atase Perdagangan KBRI Beijing, officials team KBRI Beijing dan KJRI Shanghai, para pengusaha dan masyarakat Indonesia lainnya.

Terpisah, Ketua Kadin Medan Arman Chandra memberikan apresiasi atas Kearifan Lokal Indonesia yang menjadi Icon kuliner buat masyarakat Indonesia dan tiongkok di Shanghai. "Semoga dengan terobosan baru ini memberikan rasa keindonesiaan di China," ujarnya.(int)


Tag:Arman ChandraKadin Medanpabrik tempe di Chinaperesmian pabrik tempe