Ekonomi

Peluncuran Sumutcard, Pjs Wali Kota Medan dan Dirut Bank Sumut Resmikan Kartu e-Money sebagai Alat Pembayaran Bus Trans Metro Deli


Peluncuran Sumutcard, Pjs Wali Kota Medan dan Dirut Bank Sumut Resmikan Kartu e-Money sebagai Alat Pembayaran Bus Trans Metro Deli
BERITASUMUT.COM/IST

Beritasumut.com-Pjs Wali Kota Medan Ir Arief Sudarto Trinugroho MT, bersama Dirut Bank Sumut Muhammad Budi Utomo meluncurkan Kartu e-Money bernama Sumutcard, di Pendopo Lapangan Merdeka Medan, Jumat (27/11/2020). Sumutcard ini nantinya berguna sebagai alat pembayaran non tunai pada transportasi massal Bus Trans Metro Deli yang telah beroperasi mulai Senin (16/11/2020) lalu.

Peluncuran Sumutcard yang dilakukan usai Gowes Bersama Pemko Medan dan Stake Holder ini ditandai dengan pembagian 5.000 Kartu kepada masyarakat yang diterima secara Simbolis sebanyak 2.000 kartu kepada Camat Medan Tuntungan, Camat Medan Barat, Camat Medan Amplas dan Camat Medan Tembung. Selanjutnya Sumutcard tersebut nantinya akan dibagikan kepada masyarakat.

Selanjutnya, dihadapan yang hadir Sekda Kota Medan Ir Wiriya Alrahman MM, Deputi Pengawasan OJK Regional Sumut Anton Purba, Kasatlantas Polrestabes Medan AKBP Sonny Siregar, mewakili Dandim 0201/BS kapt Abdul Halim Pasaribu, dan Kepala OPD diantaranya Asisten Umum Renward Parapat, Kadis Perhubungan Iswar Lubis, Kadis Kebersihan dan Pertamanan M Husni dan Kepala BPPRD Suherman, Pjs Wali Kota Medan juga menerima Sumutcard yang diserahkan langsung Dirut PT Bank Sumut.

Dikatakan Pjs Wali Kota Medan kegiatan Gowes bersepeda yang merupakan kegiatan rutin kali ini tidak hanya diikuti Jajaran Pemko Medan saja tetapi Stake Holder diantaranya Bank Sumut dan Jasaraharja. Hal tersebut dikarenakan dalam Gowes ini juga akan diluncurkan kartu e-Money Sumutcard kerjasama Pemko Medan dan PT Bank Sumut dan penyerahan CSR dari PT Jasaraharja untuk Pemko Medan.

"Atas nama Pemko Medan kami mengucapkan terimakasih kepada PT Bank Sumut yang telah ikut berperan mendukung program Pemerintah dalam transaksi nontunai dengan menghadirkan Sumutcard. Kita harapkan e-Money Sumutcard ini dapat dimanfaatkan masyarakat sebagai alat pembayaran pada Bus Trans Metro Deli," kata Pjs Wali Kota Medan.

Menurut Pjs Wali Kota Medan sebagai sarana pendukung operasional bus Trans Metro Deli, Sumut Card ini diluncurkan sebagai alat pembayaran non tunai. Artinya Ada 15 ribu kartu yang akan dibagikan kepada masyarakat tetapi, saat ini terlebih dahulu sebanyak 5000 kartu yang akan dibagikan kepada masyarakat dari PT Bank Sumut.

“Ini adalah angkutan massal siapa saja boleh menggunakannya, dengan suasana nyaman dan handal yang jadwalnya ontime. Setiap 10 menit sekali bus jalan. Kita melaunching yang baru tentunya harus lebih baik dari pada sebelumnya. Hingga sampai terbitnya Peraturan Presiden (Perpres) atau sampai bulan Desember ini, bus ini masih gratis,” jelas Pjs Wali Kota Medan.

Sebelumnya Dirut PT Bank Sumut Muhammad Budi Utomo menjelaskan dalam mendukung Program Pemerintah yakni transaksi non tunai, Bank Sumut ikut berperan dengan menghadirkan Kartu e-Money Sumutcard. Kartu transaksi non tunai kerjasama dengan Pemko Medan ini diharapkan dapat menunjang operasional Bus Trans Metro Deli sebagai alat pembayaran non tunai. "Hadirnya Sumutcard ini diharapkan akan meningkatkan minat masyarakat untuk menggunakan transportasi Massal dengan pembayaran non tunai", katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Medan Iswar Lubis mengungkapkan, saat ini terdapat 3 koridor yang dijalankan dan rencananya 2 koridor lagi akan beroperasi. Selain itu, nantinya angkutan massal dengan sistem By The Service (BTS) ini akan dikenakan tarif tetap saat ini hingga Desember mendatang masih gratis. Meskipun gratis, lanjut Iswar, masyarakat yang hendak menggunakan bus ini harus menggunakan Sumut Card tersebut. Disamping itu, masyarakat juga dapat mendownload aplikasi Teman Bus untuk mengetahui informasi mengenai letak halte dan informasi mengenai bus lainnya.

“Kita ingin memberikan edukasi kepada masyarakat, bahwa kedepan itu semuanya harus menggunakan non tunai. Untuk itu, biar masyarakat tidak terbebani dengan pengadaan untuk pembelian kartunya, makanya kita rencanakan akan membagi 15 ribu kartu gratis kepada masyarakat dan hari ini kita bagi 5000 yang disupport Bank Sumut sebagai bank daerah. Selain itu, Bank Sumut nantinya juga akan membantu sarana dan prasarana lainnya. Hanya saja tinggal merubah pola perilaku masyarakatnya untuk mau beralih menggunakan bus. Kita harapkan support dari masyarakat kalau ingin Kota Medan ini maju,” ungkap Iswar.

Dalam acara Gowes dan peluncuran Sumutcard ini juga dirangkaikan dengan penyerahan CSR dari Jasa Raharja kepada Pemko Medan. CSR berupa Pohon Tabebuya ini nantinya akan diberikan kepada Dinas Kebersihan dan Pertamanan berupa pepohonan yang akan dipergunakan untuk menghijaukan Kota Medan. “Kegiatan CSR Jasa Raharja ini tentunya sangat positif untuk turut berpartisipasi secara aktif dalam proses pembangunan di Kota Medan," kata Pjs Wali Kota Medan didampingi Kadis Kebersihan dan Pertamanan usai menerima Pohon Tabebuya dari Plt Kepala Cabang PT Jasa Raharja Sumut Ahmad Satiri.

Selanjutnya Pjs Wali Kota Medan bersama Dirut PT Bank Sumut membagikan secara langsung Sumutcard kepada masyarakat pengguna Bus Trans Metro Deli di salah satu halte yang berada di Jalan Balai Kota tepatnya di depan kantor bank Indonesia (BI). Sebelum membagikan kartu e-money kepada masyarakat, Pjs Wali Kota Medan terlebih dahulu melakukan gowes bersama Sekda Kota Medan dan jajaran BPPRD Kota Medan serta diikuti para pimpinan OPD di Lingkungan Pemko Medan.

Gowes yang dilakukan mulai pukul 07.00 wib yang dimulai dari Taman Cadika Pramuka Medan Jalan Karya Wisata hingga finish di Lapangan Merdeka Medan dengan menempuh jarak kurang lebih 10 KM. (Rel)


Tag:Bank SumutPemko MedanSumutcardTrans MetroDeliE-Money