Wisata

Punya Air Terjun Pelaruga, Desa Rumah Galuh 'Disulap' USU Jadi Laboratorium Pendidikan Pariwisata



Punya Air Terjun Pelaruga, Desa Rumah Galuh 'Disulap' USU Jadi Laboratorium Pendidikan Pariwisata
BERITASUMUT.COM/IST

Beritasumut.com-Keindahan air terjun Pelaruga di Kabupaten Langkat menjadi magnet ekonomi untuk masyarakat sekitar, khususnya Desa Rumah Galuh. Untuk merawat dan memastikan keberlangsungan ekosistem hijau di kawasan itu, para dosen peneliti dari Universitas Sumatera Utara (USU) berinisiatif melakukan pendampingan dan menjadikannya sebagai 'Laboratorium Sosial'.

Melalui Program Desa Binaan USU, Desa Rumah Galuh disulap menjadi laboratorim pendidikan pariwisata. Di mana masyarakat diedukasi tentang pentingnya menjaga keseimbangan alam dan sosial, menciptakan iklim yang kondusif, aman dan ramah agar para wisatawan terus meningkat, sehingga masyarakat sekitar sadar, bahwa keberlangsungan ekonominya tertopang pada habitat alam yang harus mereka jaga dan rawat.

Baca Juga ; USU Kukuhkan Empat Guru Besar Tetap

Sementara untuk USU, Desa Rumah Galuh adalah sarana belajar jangka panjang. Mahasiswa yang mengambil konsentrasi D3 Perjalanan Wisata, misalnya, mampu melihat secara nyata persoalan yang menghinggapi para penduduk desa wisata. Dari laboratorim sosial itu, mahasiswa USU belajar langsung tentang dinamika pengembangan wisata alam di Sumatera Utara, bagaimana menjaga dan mengembangkannya.

Ketua Tim Program Desa Binaan Langkat 2021, Samerdanta Sinulingga, S.ST.Par., M.Par mengatakan, Desa Rumah Galuh sudah dirintis oleh dosen dan mahasiswa D3 Perjalanan Wisata sejak tahun 2014 atau kurang lebih 8 tahun sebagai mitra eksklusif Program Studi D3 Perjalanan Wisata dalam penyelenggaraan praktik mahasiswa dan kegiatan KKN.


Tag: