Wisata

Polda Sumut Hadirkan Polisi Pariwisata di Kawasan Danau Toba



Polda Sumut Hadirkan Polisi Pariwisata di Kawasan Danau Toba
beritasumut.com/BS04

beritasumut.com - Untuk menunjang kenyamanan di ruang publik kawasan Danau Toba, Polda Sumatera Utara (Sumut) menghadirkan Polisi Pariwisata dengan membentuk Satuan Pengamanan Obyek Vital (Sat Pamobvit).

Nantinya, Satuan yang beranggotakan 150 personel ini akan tersebar di tujuh Polres penyangga kawasan Danau Toba.

Pengukuhan itu dikukuhkan oleh Kapolda Sumut Irjen Agung Setya Imam Effendi, di Aula Tribrata, Kamis (24/08/2023). Hadir juga para Kapolres yang berada di kawasan Danau Toba, yakni Polres Samosir, Polres Simalungun, Polres Toba, Polres Tanah Karo, Polres Humbahas, Polres Taput dan Polres Dairi.

Agung menyatakan, pengukuhan Sat Pamobvit ini untuk mendorong polisi pariwisata ada di daerah tersebut.

"Kita mengelola bagaimana polisi pariwisata ini bisa berjalan dengan baik yang bekerja sama dengan Badan Otoritas Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSD) Danau Toba. Artinya, menjamin bagaimana wisataan yang berkunjung merasakan kemanan dan kenyamanan di daerah wisata ini," ungkapnya.

Lebih lanjut Agung menjelaskan, tugas polisi pariwisata adalah, menjaga, melindungi, mengayomi para turis yang hadir ke destinasi wisata tersebut.

"Kemudian memberikan pertolongan apabila diperlukan dengan metode pengamanan dan kegiatan di lapangan, memberikan bantuan dan dukungan pada hal-hal yang dibutuhkan para turis terkait dengan arah, lokasi yang akan dituju dan menarik, sehingga turis merasa nyaman dan terlayani dengan baik," jelasnya.

Oleh karena itu Agung berharap dengan keberadaan polisi pariwisata bisa membuat para turis terkesan dengan berbagai wisata yang ada di Danau Toba.


Tag: