Wisata

Kementerian PUPR Dukung Pariwisata KSPN Danau Toba, SPAM IKK Merek dan Jaringan Perpipaan SPAM Simanindo Dirampungkan



Kementerian PUPR Dukung Pariwisata KSPN Danau Toba, SPAM IKK Merek dan Jaringan Perpipaan SPAM Simanindo Dirampungkan
BERITASUMUT.COM/IST

Beritasumut.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus berupaya meningkatkan akses air minum aman bagi seluruh masyarakat Indonesia, termasuk di 5 Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Prioritas yakni Danau Toba, Borobudur, Mandalika, Labuan Bajo dan Manado-Likupang.

Dengan tersedianya sarana air minum, diharapkan akan meningkatkan pemahaman tentang hidup bersih dalam rangka pencegahan penyebaran COVID-19. "Sehingga dapat mengurangi risiko penyakit yang berdampak pada kesehatan serta memperkecil kasus gizi buruk dan stunting," ujar Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, dilansir dari Pu.go.id, Sabtu (24/04/2021).

Menteri Basuki mengatakan, prasarana dan sarana air minum merupakan infrastruktur dasar yang memberikan pengaruh vital pada kesehatan dan lingkungan. "Pembangunan jaringan layanan air minum melalui peningkatan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) di KSPN Prioritas, juga diharapkan dapat menjaga optimisme dan kesinambungan pembangunan infrastruktur. Hal ini untuk mendukung produktivitas sektor pariwisata di tengah ketidakpastian ekonomi akibat pandemi COVID-19," sambungnya.

Baca Juga : Senin Malam, Dalam Waktu Sekitar 28 Menit, Kawasan Danau Toba Diguncang Gempa 3 Kali

Menteri Basuki menyebut, dalam tatanan normal baru untuk hidup berdamai dengan Pandemi COVID-19, Pemerintah meyakini bahwa sektor ekonomi utama yang dapat rebound dengan cepat adalah sektor pariwisata. "Untuk itu, tidak ada kegiatan pembangunan infrastruktur pada 5 KSPN yang dihentikan,” imbuhnya.


Tag: