Politik & Pemerintahan

Wali Kota Medan Lantik 77 Pejabat Eselon III dan IV di Lingkungan Pemko Medan



Wali Kota Medan Lantik 77 Pejabat Eselon III dan IV di Lingkungan Pemko Medan
BERITASUMUT.COM/IST

Beritasumut.com - Wali Kota Medan, Muhammad Bobby Afif Nasution SE MM, melantik 77 orang Pejabat Eselon III dan IV di lingkungan Pemko Medan, Rabu (19/05/2021), di halaman tengah Kantor Wali Kota Medan.

Prosesi pelantikan yang berlangsung khidmat dan tetap menerapkan protokol kesehatan ini diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia raya, kemudian dilanjutkan dengan pembacaan Surat Keputusan Wali Kota Medan dan pembacaan fakta integritas oleh pajabat yang dilantik. Setelah itu Wali Kota Medan mengambil sumpah dan janji sekaligus melantik seluruh pejabat.

Wali Kota Medan dalam amanatnya mengatakan, tanggung jawab dan amanah yang telah diberikan ini harus dijalankan dengan baik dengan tujuan untuk mensejahterakan masyarakat kota Medan. ”Jadikan amanah yang sudah saya berikan ini untuk menyejahterahkan masyarakat kota Medan," kata Bobby.

Baca Juga : Lantik Pejabat Administrator, Bupati Labura Tegaskan Sekarang Birokrasi Harus Cepat

Untuk menjalankan amanah ini dengan baik, Wali Kota Medan menekankan empat hal. Pertama, harus loyal kepada masyarakat Kota Medan. Artinya amanah dan tanggung jawab yang diemban sudah semestinya dijalankan untuk kepentingan masyarakat kota Medan. "Pergunakan amanah yang telah diberikan untuk melayani masyarakat kota Medan, karena itu sudah menjadi tanggung jawab kita," tegasnya.

Kedua, loyal terhadap keluarga. Bukan berarti dengan jabatan yang telah diberikan ini untuk menyenangkan keluarga, akan tetapi keluarga harus menjadi pengingat untuk tidak melakukan hal-hal yang tidak dibenarkan oleh hukum. ”Jadikan keluarga sebagai pengingat kita untuk tidak melakukan korupsi dan pungli sekecil apapun, karena apa yang menurut kita kecil ternyata sangat besar bagi masyarakat," lanjut Bobby.

Selanjutnya yang ketiga ialah loyal terhadap pimpinan agar konsep visi dan misi pembangunan kota dapat berjalan dengan baik. Namun Wali Kota Medan juga mengingatkan agar jangan mengikuti perintah pimpinan yang menyalahi aturan. "Apabila tugas yang diberikan pimpinan tidak sesuai dengan aturan, maka saudara harus kembali ke loyal yang pertama dan kedua yaitu menyejahterahkan masyarakat dan mengingat keluarga," pesan Wali Kota Medan.

Dan yang keempat, harus pintar. Karena untuk menduduki jabatan yang saat ini telah diberikan harus melalui berbagai tahapan dan tes. Nalar dan kepintaran yang dimiliki harus digunakan untuk menjalankan tugas-tugas yang ada.

Baca Juga : Bupati Deli Serdang Lantik 7 Kepala Dinas di Pemkab Deli Serdang

"Saya sudah pastikan yang dilantik hari ini nilainya bagus. Namun saya minta nilai tersebut tidak hanya diatas kertas saja tetapi harus diaplikasikan di lapangan untuk membantu perputaran roda pemerintahan. Kita harus saling bekerjasama, berkolaborasi dan menghilangkan ego sektoral," sebutnya.

Wali Kota Medan juga mengingatkan kepada pejabat yang tugasnya bersentuhan langsung dengan masyarakat agar melayani masyarakat dengan sebaiknya. "Kita ditugaskan untuk melayani masyarakat, kita harus mendengarkan dan merespon apa yang dikeluhkan masyarakat," pesan Wali Kota Medan.

Terakhir, Wali Kota Medan menghimbau kepada seluruh pejabat yang dilantik untuk menjauhi narkoba yang dapat merusak kesehatan dan pikiran. ”Saya menghimbau kepada kita semua jangan coba-coba mendekati obat-obatan terlarang, karena ini sudah menjadi kewajiban kita untuk menjauhi narkoba," himbau Wali Kota Medan mengakhiri sambutanya.

Pelantikan pejabat eselon III dan IV ini juga turut disaksikan oleh Wakil Wali Kota Medan H Aulia Rachman SE, Sekda Kota Medan Ir Wiriya Alrahman MM, pimpinan OPD dan keluarga para pejabat yang dilantik yang menyaksikan secara virtual. (Rel)


Tag: