Politik & Pemerintahan

Wagub Sumut Musa Rajekshah Ikuti Acara Peluncuran Sinergitas Pengelolaan MCP Terkait Pemberantasan Korupsi



Wagub Sumut Musa Rajekshah Ikuti Acara Peluncuran Sinergitas Pengelolaan MCP Terkait Pemberantasan Korupsi
BERITASUMUT.COM/BS03
Selain itu, dia juga meminta agar dapat menciptakan suasana kerja yang harmonis antara pimpinan, bawahan serta sesama rekan kerja. Namun, lanjut Tito, salah satu penyebab dari terjadinya praktek korupsi, adalah karena biaya politik yang begitu tinggi dalam pilkada. "Makanya timbul moral hazard, sehingga perlu dicari sistem yang mengatur biaya politik agar tidak lagi tinggi," tandasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua KPK Firli Bahuri menyatakan, kegiatan ini merupakan momentum bagi anak bangsa untuk membebaskan bangsa dari praktek korupsi. Apalagi, tujuan negara yang dirumuskan para founding father masih menjadi pekerjaan rumah atau PR dan menjadi tanggung jawab bagi anak bangsa. "Karenanya KPK merasa harus mengambil andil besar," sebutnya.

Sedangkan Kepala BPKP M Yusuf Ateh menambahkan, kegiatan ini merupakan perwujudan kolaborasi antarlembaga dalam mencegah korupsi. Menurutnya, ada beberapa faktor penyebab korupsi sampai terjadi, antara lain pressure, kesempatan, pembenaran, keserakahan dan juga keinginan. "Tapi korupsi bukan hanya karena niat saja tetapi juga faktor lingkungan yang mendukung. Terkait itu, pimpinan dituntut untuk menyadari risiko fraud, sehingga perlu mengidentifikasi serta mencegahnya," mencegahnya. (BS03)


Tag: