Politik & Pemerintahan

Tertarik dengan Peningkatan PAD Kota Medan, Bupati Tanah Datar Berkunjung ke Pemko Medan



Tertarik dengan Peningkatan PAD Kota Medan, Bupati Tanah Datar Berkunjung ke Pemko Medan
beritasumut.com/BS07

beritasumut.com - Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Medan yang meningkat secara signifikan di bawah kepemimpinan Wali Kota Medan, Bobby Nasution mencuri perhatian Bupati Tanah Datar, Eka Putra.

Bersama dengan unsur Forkopimda Kabupaten Tanah Datar, Eka Putra melakukan kunjungan kerja ke Pemko Medan untuk mempelajari kiat-kiat sekaligus meminta masukan apa yang dilakukan Wali Kota Medan, Bobby Nasution dalam meningkatkan PAD.

Rombongan Bupati Tanah Datar tersebut diterima Wali Kota Medan, Bobby Nasution diwakili Wakil Wali Kota Medan, H. Aulia Rachman di Balai Kota, Selasa (09/07/2024).

Didampingi Pj Sekda Kota Medan, Topan Obaja Putra Ginting dan para pimpinan perangkat daerah di lingkungan Pemko Medan itu, Wakil Wali Kota Medan, H. Aulia Rachman menyambut hangat kunjungan itu.

Dalam pertemuan itu, Aulia Rachman mengatakan langkah-langkah yang dilakukan Wali Kota Medan, Bobby Nasution dalam meningkatkan PAD diawali dengan pendataan, verifikasi dan validasi data wajib Pajak Bumi dan Bangunan (PBB), karena PBB merupakan sumber PAD terbesar bagi Pemko Medan.

"Selain dari PBB, sumber PAD kita berasal dari pajak-pajak lainya seperti hotel, restauran, reklame dan tempat-tempat hiburan," kata Aulia Rachman.

Tidak hanya dari sektor pajak, Aulia Rachman juga mengatakan Pemko Medan juga terus berupaya meningkatkan perekonomian masyarakat khusus bagi para pelaku UMKM dengan menjadikan Pemko Medan sebagai market bagi pelaku UMKM.

"Kita mendorong agar di setiap Kelurahan memiliki ekonomi kreatif. Setiap produk yang dihasilkan oleh para pelaku UMKM tersebut kita bantu masuk ke e-katalog lalu kita beli. Misalnya makan dan minum ini merupakan produk UMKM kita," jelas Aulia Rachman.

Langkah tersebut dinilai Aulia Rachman berdampak terhadap meningkatnya kreativitas pelaku UMKM, sehingga mendorong perkembangan UMKM itu sendiri.

Ditambahkan Aulia Rachman lagi, penerapan kebijakan e-parking yang diterapkan Wali Kota Medan, Bobby Nasution juga menambah pemasukan bagi PAD Kota Medan. Lebih dari 100 ruas jalan di Kota Medan sudah menerapkan e-parking tersebut.

"Baru-baru ini pak wali juga telah me-launching parkir berlangganan, tujuannya untuk mencegah kebocoran PAD dari sektor parkir," ungkap Aulia Rachman.

Keterlibatan unsur Forkopimda Kota Medan dikatakan Aulia Rachman juga sangat berpengaruh terhadap meningkatnya PAD Kota Medan. Tidak jarang dalam melakukan penagihan pajak, Pemko Medan didampingi oleh aparatur dari unsur Forkopimda.

"Jadi kita sangat kompak disini dengan Forkopimda kita, karena kunci kita dalam mencapai lima program prioritas adalah kekompakan dan PAD yang kuat," pungkas Aulia Rachman seraya mengatakan APBD Kota Medan TA 2024 sebesar Rp 8 triliun lebih.


Tag: