Politik & Pemerintahan

Tak Hanya Tingkatkan Peran Korpri, Kolaborasi Dibutuhkan Wujudkan Medan Berkah, Maju dan Kondusif



Tak Hanya Tingkatkan Peran Korpri, Kolaborasi Dibutuhkan Wujudkan Medan Berkah, Maju dan Kondusif
beritasumut.com/BS07

beritasumut.com - Kolaborasi menjadi kata kunci menumbuhkembangkan dan membangkitkan peran Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri). Dengan demikian keberadaan Korpri sebagai wadah himpunan pegawai dapat melahirkan kebermanfaatan, tidak hanya secara internal bagi para anggota tapi juga masyarakat secara luas.

Demikian disampaikan Wali Kota Medan, Bobby Nasution diwakili Sekda Kota Medan sekaligus Ketua Dewan Pengurus Korpri Kota Medan, Wiriya Alrahman saat membuka Seminar serta Pelantikan Pengurus Unit Korpri Kota Medan dan Raker Korpri Kota Medan Tahun 2023 di JW Marriot Hotel Medan, Jalan Putri Hijau Medan, Selasa (07/11/2023).

"Untuk itu perlu rasanya kita merumuskan, mempersiapkan dan melakukan kegiatan - kegiatan yang bermanfaat guna menumbuhkan rasa kebersamaan kita sebagai sesama anggota Korpri," kata Sekda di hadapan pimpinan perangkat daerah di lingkungan Pemko Medan, camat se-Kota Medan serta narasumber seminar yang hadir.

Selain untuk meningkatkan peran Korpri, sambung Wiriya, kolaborasi juga dibutuhkan untuk mewujudkan cita-cita Kota Medan menjadi kota yang berkah, maju dan kondusif. "Kalau kita bekerja secara masing-masing tanpa kolaborasi, nantinya apa yang kita cita-citakan tidak bisa tercapai dengan baik," ujarnya mengingatkan.

Menyikapi jelang pelaksanaan Pemilu 2024, Wiriya selanjutnya berpesan dan mengingatkan agar para pegawai tidak terlibat dalam urusan politik. Terlebih, tegasnya, telah ada aturan dan ketentuan yang berlaku bagi para aparatur sipil negara (ASN) yang membatasi dalam hal terkait politik.

"ASN memiliki hak pilih, tapi ingat, kita wajib netral. Proses politik sedang berjalan, tugas kita adalah tetap bekerja sebaik mungkin sebagai pelayan masyarakat. Tidak usah dan tidak perlu ikut campur dalam urusan-urusan politik tersebut," tegasnya dalam seminar yang digelar sebagai bagian dari rangkaian jelang HUT Korpri 29 November mendatang.

Dalam seminar tersebut dihadirkan dua narasumber yakni DR. Drs. Reydonnyzar Moenek M Devt M selaku Ketua I Dewan Pengurus Korpri Nasional serta Kepala Kantor Regional VI Badan Kepegawaian Negara (BKN), Dr. Janry Haposan Uli Panusunan Simanungkalit SSi MSi.(BS07)


Tag: